Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Balikpapan Siapkan 50 Ribu Bibit Lele Gratis


BALIKPAPAN, beruangmadunews.com - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Balikpapan, Kalimantan Timur kini tengah menggaungkan program BUDE Lele atau budidaya lele.

Caranya, Dinas DP3 Balikpapan membantu menyalurkan bantuan ember, bibit kangkung dan lele kepada kelompok masyarakat.

"Bantuan kami memberikan bibit lele, tahun ini disiapkan 50 ribu bibit," ujar Kepala Dinas DP3 Balikpapan, Heria Prisni, Sabtu (20/6/20).

Berawal dari inisiatif DP3 Balikpapan dalam membangun ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19, akhirnya secara internal kegiatan ini pun berjalan.

Tak disangka nyatanya program BUDE Lele banyak diminati masyarakat, termasuk anggota TNI/Polri, PKK, gerakan perempuan dan lainnya. 

Heria mengatakan, hingga kini 371 ember telah terealisasi dengan jumlah bibit 18.850 ekor.

“Silahkan masyarakat terdampak atau keluarga yang ingin budidaya bisa ajukan ke dinas terkait,” ucapnya.

Syaratnya adalah dengan mengajukan surat permintaan bibit lele dan kangkung ke DP3 Balikpapan.

Tentunya bibit ini gratis, dapat diajukan dengan tandatangan RT atau lurah atau kelompok/organsisasi sebagai penanggung jawab.

Selain itu, pihaknya pun tak langsung lepas tangan ketika BUDE Lele hendak diberikan. Ia akan memberi pelatihan dengan membagikan cara budidayanya.

"Kalau perorarangan susah karena tidak ada kontrol. Seandainya di RT hanya sedikit yang minta itu pun tidak apa-apa. Surat juga tidak perlu diajukan melalui fisik, cukup di WA saja, nanti kami akan berikan," tandasnya.