KPU Balikpapan Gelar Raker Pencermatan Data Pemilih Bagi Operator Data PPK dan PPS


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com —  KPU Kota Balikpapan menggelar rapat kerja (raker) Pencermatan Data Pemilih Operator Data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)  pilkada Balikpapan, Kamis (25/6) pagi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha  mengatakan, raker tersebut untuk memberikan arahan dan masukkan terhadap tugas-tugas PPK dan PPS khususnya menyangkut pengimputan data pemilih.

 “Teman-teman operator  ini memiliki tugas penginputan data pemillih di setiap kecamatan maupun kelurahan yang ada di Kota Balikpapan ini,” ujar Thoha

“Tugas ini terbilang sulit. Sebab penginputan data pemilih bukanlah tugas yang mudah. Sangat membutuhkan ketelitian,”

Apalagi tugas yang dilakukan ditengah pandemi covid-19, sehingga bukan saja harus fokus, tapi juga waspada. “Untuk itu teman teman diminta untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan covid 19 saat melaksanakan tugas,” ujarnya.

“Wajib menjaga kesehetan, karena tugas yang dilaksanakan cukup panjang, yaitu sampai dengan penetapan daftar pemilih tetap (DPT),”

Karena ada tahap daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DTPHP) yang jug butuh fokus sehingga tak salah dalam pengimputan data. “Teman-teman harus konsentrasi karena jangan sampai salah, ini penting sekali,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Komisioner KPU Kota Balikpapan Yan Fauzi Wardana yang membidangi program dan data juga menyampaikan teknis penginputan data pemilih.