"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Kronologi Penangkapan Kurir Sabu Seberat 65 Kg, Hendak Diedarkan di Kaltim


BALIKPAPAN, beruangmadunews.com - Narkotika jenis sabu seberat 65 kg yang telah dimusnahkan oleh jajaran Polda Kaltim pada Jumat (19/6/2020) siang diketahui berasal dari Tawau, Malaysia.

Sabu tersebut dikemas dalam bentuk plastik siap edar menggunakan bungkusan teh China sebanyak 34 bungkus dengan total berat keseluruhan mencapai 65 kg.

Barang haram tersebut dibawa oleh dua orang kurir bernama Busman (33) dan Andry saputra (33) yang rencananya akan dibawa kepada seseorang yang saat ini masih dalam tahap penyelidikan petugas untuk diedarluaskan di wilayah Kalimantan Timur.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono membeberkan kronologi penangkapan sabu tersebut bermula dari laporan masyarakat terkait adanya pengiriman sabu bernilai fantastik dari wilayah Tarakan, Kalimantan Utara menuju wilayah Kalimantan Timur.

Pengungkapan tersebut bermula ketika pada Minggu (10/5/2020) malam sekira pukul 23.00 Wita Subdit I Ditresnarkoba Polda Kaltim bersama Intelmob Satbrimob Polda Kaltim mendapatkan informasi adanya seseorang yang tengah membawa narkoba jenis sabu dalam jumlah banyak.

Di mana sabu tersebut dibawa dari Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menuju Kota Samarinda.

Petugaspun langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengantongi ciri-ciri pelaku beserta kendaraan yang digunakan.

"Penangkapan tersangka ini terjadi di Jalan Poros Samarinda-Bontang pada hari Senin (11/5) pada pukul 03.00 Wita pada saat melintas menggunakan mobil," kata Kapolda Kaltim, Irjen Pol Muktiono usai melakukan pemusnahan sabu tersebut di Halaman gedung Mahakam Polda Kaltim, Jumat (19/6/2020).

Saat ditangkap, kedua pelaku menggunakan dua unit kendaraan yakni Toyota Avanza warna hitam No. Pol KT 1649 FD dan Mobil Daihatsu Ayla No. Pol KU 1096 XG warna kuning untuk mengangkut puluhan kg sabu tersebut.

"Pada saat penggeledahan itu anggota menemukan barang bukti sabu sebanyak 34 bungkus narkotika jenis sabu di dalam mobil avanza dan 31 bungkus narkotika jenis sabu di mobil Daihatsu Ayla dan total keseluruhan barang bukti sebanyak 65 kilogram sabu," ujarnya.

Untuk mengelabuhi petugas, puluhan sabu tersebut disembunyikan terpisah seperti di dalam dashboard, di bagasi serta di dalam sela daun pintu mobil.

Kedua tersangka itu saat ini telah diamankan di Mapolda Kaltim sambil menunggu waktu penyelidikan lebih lanjut, serta pertimbangan hukuman yang dibebankan sesuai pasal 114 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved