"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Mendagri Minta Balikpapan Alokasikan Anggaran Pengadaan APD untuk Tahapan Pilkada

                                      Rizzal Efendi

BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah meminta daerah agar membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) maupun fasilitas pendukung protokol kesehatan covid-19 untuk mensukseskan pilkada serentak.

KPU Balikpapan membutuhkan APD maupun fasilitas pendukung protokol kesehatan covid-19 dalam melaksanakan tahapan pilkada. Bantuan bisa melalui alokasi anggaran daerah maupun langsung dalam bentuk APD dan fasilitas pendukung protokol covid-19.

“Daerah diminta berpartisipasi apakah dalam bentuk APBD ataupun dalam bentuk APD untuk kebutuhan KPU,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal mengaku, telah menyampaikan ke Mendagri, bahwa pihaknya tak memiliki anggaran lagi, karena telah dialokasikan untuk percepatan penanganan covid-19. Disisi lain, pendapatan asli daerah (PAD) kemungkin anjlok hingga 50 persen dampak covid-19.

“Tapi kalau APD kita lihat kondisi kita. Kalau APBD kita sudah bilang kalau bisa diantisipasi oleh APBN,” katanya.

Kata dia, sejauh ini pihaknya telah membantu rapid test bagi 47 Komisioner dan pegawai serta staf Sekretariat KPU Balikpapan. Termasuk  juga 132 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang rencananya hari ini.

“Rapid test kita kan sudah bantu, tapi memang kalau untuk APBD kita masih mau lihat dulua, kita belum tahu,” tandasnya.

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved