"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Pasien Covid-19 tak Boleh Keluar Ruang Isolasi Saat Pemungutan Suara, Ini Solusi Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan


BALIKPAPAN, beruangmadunews.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nampaknya akan berjalan di tengah pandemi Virus Corona atau covid-19 sehingga harus menjadi perhatian semua pihak.

Sebab beberapa protokol kesehatan dan cara pencoblosan surat suara perlu disimulasikan, terlebih Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dengan tegas tak memperbolehkan pasien covid-19 yang sedang dirawat keluar dari lingkungan ruang isolasi.

"Yang pasti pasien ruang isolasi itu tidak mungkin kita keluarkan dari ruangan," kata Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Sabtu (20/6/20).

Menurutnya, justru dimungkinkan saja apabila kotak suara dibawa ke rumah sakit atau tempat pada tempat pasien covid-19 menjalani perawatan dan isolasi.

Jika dipercayakan kotak surat suara bisa dititipkan kepada tim isolasi untuk membantu proses pemilihan di dalam ruangan terbatas itu.

"Pasien isolasi ya tidak apa-apa pakai baju hazmat atau kalau dipercayakan bisa dititip pada tim ruang isolasi. Jadi mungkin kotaknya saja yang datang atau ada metode tersendiri nanti," ujarnya.

Sementara, wanita yang kerap disapa Dio itu mengatakan bisa saja proses pemilihan dalam Pilkada khusus pasien covid-19 memanfaatkan IT.

Sebab di dalam ruang isolasi, pasien covid-19 juga hanya diberi fasilitas gawai atau handphone.

"Dan yang jelas ini pasti akan dipikirkan secara Nasional," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Dio pun berujar bahwa pada Selasa depan akan ada rapid test yang diperuntukkan bagi 132 anggota PPS di KPU yang baru dilantik.

Adapun pelaksanaan test cepat bagi mereka rencananya akan dilaksanakan di RSUD Beriman, Gunung Malang.

Namun, pihaknya masih akan berkordinasi terlebih dahulu dengan Direktur Rumah Sakit.

"Saya akan bicarakan dengan direkturnya dulu, karena yang lalu pada 47 anggota KPU juga dilakukan rapid test di RSUD," katanya

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved