"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Satu Warga Negara Asing Asal Pakistan Positif Covid-19, 9 Kasus Terkonfirmasi di Balikpapan


BALIKPAPAN, beruangmadunews - Seorang Warga Negara Asing asal Pakistan dinyatakan positif Virus Corona atau covid-19

Ia merupakan seorang laki-laki berusia 40 tahun. 

Terkonfirmasi positif dari program skrining perusahaan migas sebagai syarat untuk mulai bekerja.

Pasien tersebut tiba di Balikpapan tanggal 8 Juni, namun saat meninggalkan Pakistan pada 5 Juni hasil PCRnya negatif.

Selain itu juga ada laki-laki berusia 40 tahun dengan KTP Balikapapan, namun  selama ini bekerja di Maluku Utara. 

Namun saat kembali ke Balikpapan ia memiliki keluhan batuk, pilek, demam, dan sesak.

Sehingga pada pemeriksaan kedua, ia pum baru jujur mengatakan bahwa teman kerjanya di Maluku Utara banyak yang positif covid-19.

"Jadi ini kemungkinan transmisi dari Maluku Utara. Lainnya pada BPN 119, laki-laki usia 67 tahun dengan KTP Balikpapan.

Datang ke RSPB dengan penyakit komordit diabetes. Saat akan dilakukan tindakan medis di rapid test reaktif, dan dilanjutkan swab PCR hasilnya positif," ungkap juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Jumat (19/6/2020).

Ia terkonfirmasi positif melalui lab PCR RSPB karena akan mengikuti skrining untuk masuk ke lokasi kerja di Kalimantan Selatan.

"Jadi untuk kasus seperti ini karena lintas Provinsi maka Dinkes Provinsi  menetapkan sebagai data milik Kota Balikpapan," jelasnya.

Sementara pada kasus Bpn112, merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun dengan KTP Banjrmasin. Riwayat terkonfirmasi positif juga dari perusahaan untuk Transmisi Tower.

Pada BPN 113 berusia 35 tahun, laki-laki dan ber-KTP Balikpapan, yang bersangkutan sedang off di Balikpapan. Ia pun akan kembali masuk ke lokasi kerja di Kalimantan Selatan, namun dengan syarat PCR dan justru terkonfimasi positif.

Sedangkan pada kasus keempat yakni BPN114, merupakan seorang laki-laki berusia 41 tahun dan memiliki KTP Yogyakarta. Adapun ia datang dengan riwayat bekerja tugas ke Balikpapan.

Kemudian ia melakukan skrining mandiri untuk kembali ke Yogyakarta. Dari skrining itu, ia yang merupakan salah satu inspektur lapangan KSO ternyata positif.

Pada kasus selanjutnya, BPN115 seorang laki-laki usia 35 dan KTP Balikpapan. Terkonfirmasi positif sebagai sayarat masuk ke Rig. Jadi dia teknisi migas," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, hari ini mendapat laporan hasil swab. Sebanyak 9 kasus baru covid-19 terkonfirmasi positif, Jumat (19/6/2020).

Disampaikan Rizal, sebenarnya kemarin hari Kamis (18/6/2020), ada 15 kasus terkonfirmasi positif dari RSPB.

Namun karena banyak karyawan dengan tujuan kabupaten/kota lain di Kaltim, maka pihaknya mengkonsultasikan kondisi tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

"Setelah diverifikasi maka ada 8 kasus yang tetap menjadi kasus Balikpapan, dan hari ini bertambah 1 kasus warga Balikpapan, sehingga totalnya 9," ujarnya saat menyampaikan perkembangan kasus covid-19, Jumat (19/6/2020).

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved