7 Fakta Meninggalnya Omas Sang Legenda Komedian Lenong Betawi di Usia 54 Tahun

"Iya (meninggal dunia). Tadi, kira-kira jam setengah delapan lewat," ungkap Erni sang keponakan saat dihubungi awak media, Kamis (16/07/2020).

Pihak keluarga mengabarkan bahwa rencana pemakaman Omaswati akan dilaksanakan hari ini, Jumat, (17/07/2020) sekitar pukul 10.00 WIB di pemakaman terdekat rumahnya.

"Besok (pemakamannya), pagi jam 10an. Di sini, dekat, nggak jauh dari rumah," kata Mastur saat ditemui awak media di rumah duka, Kamis, (16/07/2020)

Sederet rekan selebriti tanah air pun turut serta mengucapkan belasungkawa di akun sosial media pribadi dengan mengunggah potret mendiang Omaswati. Selain itu sejumlah rekan terdekatnya juga mengunjungi kediamannya untuk melayat. Berikut fakta meninggalnya Omaswati sang komedian legend Betawi di usia 54 tahun.


1. Meninggal di Usia 54 Tahun

Komedian legend Betawi ini menghembuskan nafas terakhirnya di usia 54 tahun kemarin sekitar pukul 19.30 WIB di rumah duka yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Seperti diketahui komedian yang akrab disapa dengan Mpok Omas ini mengawali karirnya dengan bermain Lenong Bocah sejak usianya masih belia.

Lewat pementasan Lenong Bocah tersebutlah Omaswati mulai mencapai kesuksesan dan dikenal masyarakat luas lewat sejumlah judul sinetron dan film yang dimainkan. Sebut saja seperti sinetron Matahariku dan Akibat Pernikahan Dini, yang membuat namanya semakin populer.


2. Miliki Riwayat Penyakit

Pihak keluarga mengungkapkan Omaswati miliki sejumlah riwayat penyakit. Diantaranya yakni menderita sakit diabetes dan alami sakit paru-paru. Hal ini dibenarkan oleh sang keponakan dan kakaknya saat dihubungi pihak media. Namun belum diketahui pasti penyebab meninggalnya sang komedian karena penyakit tersebut.

"Iya, penyakit gula," ungkap Erni sang keponakan saat dihubungi awak media, Kamis malam (16/07/2020)

Sang kakak yakni Mandra mengungkapkan bahwa sang adik sebelumnya sempat alami lemas dan tak bisa gerak. Dimana sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Omaswati sempat tak bisa komunikasi secara aktif.

"Iya, nggak bisa bergerak, nggak bisa ngobrol, nggak bisa komunikasi. Jadi dia udah lemes dan ngomong aja nggak bisa kenceng," kata Mandra.


3. Kronologi Meninggalnya Omaswati

Sang anak yakni Muhammad Rizky Dioambiah atau akrab disapa Dio menceritakan kronologi sebelum sang Ibu menghembuskan nafas terakhirnya. Dimana saat itu Dio mengira sang ibu sedang tertidur lelap,lantaran Omaswati sudah memejamkan mata.

Namun sang anak sempat curiga lantaran Ibunya seperti tak bernafas lagi. Ia pun mencoba membangunkan sang Ibu dengan memanggil saudaranya. Namun kehendak berkata lain, Ibunya saat itu juga telah berpulang untuk selamanya.

"Sekitar jam delapan kurang sepuluh, saya udah balik lagi, terus jalan ke kamar mandi. Saya lihat dia kok perutnya nggak ngembang kempis gitu, nggak kayak orang lagi bernapas. Saya kira tidur, soalnya matanya setengah terbuka. Terus saya cek nafas di hidung, udah nggak ada dan saya bangunin udah lemes dan tangannya udah dingin banget. Terus saya manggil kakak saya yang pertama dan ngasih pertolongan pertama, tapi nggak ada reaksi. Barulah kita manggil saudara semua kalau mama udah nggak ada," kata Dio.

Selain itu sebelumnya Omaswati sempat tak mau dibawa ke dokter. Kondisinya pun semakin menurun dalam 4 hari terkahir sebelum meninggal.

"Dia orangnya takut dokter makanya kita nggak berani datangin dokter dulu, soalnya kalau udah panggil dokter kadang dia nggak mau diperiksa. Kalau sakitnya udah lumayan lama, dari sebelum puasa kayak yang tipus gitu. Terus beberapa minggu setelah lebaran, sempat mendingan, udah bisa ke pasar sama saya. Nah yang paling parah tuh empat hari terakhir ini. Nggak mau makan, nggak mau minum obat gitu," lanjutnya.


4. Dimakamkan di Pemakaman Terdekat

Omaswati dimakamkan di pemakaman terdekat sekitar rumah sekitar pukul 10.00 WIB. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga yakni Mastur saat ditemui pihak awak media, Kamis malam.

"Besok (pemakamannya), pagi jam 10an. Di sini, dekat, nggak jauh dari rumah," kata Mastur saat ditemui awak media di rumah duka, Kamis, (16/07/2020)


5. Ucapan Belasungkawa dari Rekan Selebriti

Sejumlah rekan selebriti turut serta mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Omaswati di akun sosial media pribadi. Salah satunya Dorce Gamalama yang juga mengabarkan bahwa rekannya tersebut telah berpulang lewat unggahan video di akun pribadinya.

Selain itu rekan sesama komedian seperti Daus Mini dan Said Bajuri juga terlihat mengunjungi kediaman rumah duka untuk melayat.


6. Tinggalkan Tiga Orang Anak

Seperti diketahui dari pernikahannya dengan Madi Pribadi, Omaswati miliki tiga orang buah hati bernama Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Tiga buah hatinya tersebut saat ini sudah beranjak dewasa yang diantaranya terlihat mewarisi bakat sang Ibu. Sejumlah kebersamaan dengan sang Ibu pun sempat diunggah oleh buah hatinya di akun sosial media pribadi mereka.

7. Sosok Omas di Mata Keluarga

Terkenal dengan lawakan yang banyol dan ceplas ceplos, peran Omaswati saat tampil dalam sejumlah sinetron, film, hingga program televisi memang berhasil menghibur masyarakat. Terlebih Omaswati juga dikenal sebagai salah satu seniman yang mencintai budaya Betawi hingga melekat pada diri Omas.

Di mata pihak keluarga, sang komedian dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap saudara, lingkungan hingga dikenal mandiri. Dimana Omaswati merupakan pribadi yang tak pernah mengeluh, menyerah hingga tak ingin menyusahkan banyak orang. hal ini diungkapkan oleh sang kakak, Mandra saat ditemui di rumah duka.

"Dia peduli sama saudara, dengan lingkungan, dengan keluarga. Memang semangatnya untuk apa sih namanya mandiri dari dulu. Orangnya ogah kalau perlu masih bisa dikerjain sendiri nggak perlu anak buah. Kayaknya sulit banget dia minta bantuan," ungkap Mandra.

Itulah 7 fakta meninggalnya Omaswati sang komedian legend Betawi di usia 54 tahun. Selamat jalan Omaswati, karyamu akan selalu dikenang dihati.