"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Banteng Perjuangan Siapkan Poros Tengah



Berau, beruangmadunews.com – Peta politik calon kepala daerah di Bumi Batiwakkal, mulai terlihat. Sejumlah partai politik telah bersiap menentukan sikap. Salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Partai berlambang banteng moncong putih tersebut, kabarnya bakal membangun poros tengah di pilkada Berau.
Dikatakan Ketua DPC PDIP Berau, Atilagarnadi, langkah itu diambil partainya jika calon kepala daerah yang mendaftar di PDIP, tak kunjung memberikan keputusan akan berpasangan dengan siapa di pilkada nantinya.

“Pertanyaannya, kalau belum ada kepastian pasangan calon, siapa yang mau diberikan rekomendasi? Karena rekomendasi itu satu paket,” ungkapnya, Kamis (16/7) kemarin.

Gatot –sapaan Atilagarnadi- membeberkan, rencananya rekomendasi PDIP akan diberikan kepada pasangan Muharram-Syarifatul Syadiah (Muri). Karena sang petahana, merupakan kontestan yang mendaftar di PDIP.

Sayangnya, pasangannya Syarifatul Syadiah gagal mendapatkan restu dari DPP Partai Golkar. Apalagi, sejauh ini belum ada kepastian pasangan tersebut tetap bertarung di pilkada atau tidak.

“Kalau belum pasti, tidak bisa kami ajukan ke DPP untuk diberikan rekomendasi. Tiba-tiba Sari (Syarifatul Sya’diah) mundur, bagaimana?” ucapnya.

Dikatakannya, penjaringan tidak hanya sekadar membentuk koalisi partai, untuk menggenapkan kekurangan kursi sebagai syarat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, sebagai strategi membangun kekuatan untuk membentuk poros tengah.

Jangan sampai, tegas Gatot, ketidakpastian membuat PDIP tidak ikut andil meramaikan kontestasi politik di Kabupaten Berau. Hanya sekadar menjadi partai penonton akibat PHP (pemberian harapan palsu).

“Ini kami tidak inginkan. Kami juga ingin berpartisipasi, karena (pilkada) menyangkut masa depan Berau. Terkait membangun poros tengah telah kami sampaikan ke pusat,” terangnya.

Ditanyai terkait pasangan calon yang akan dipersiapkan membangun poros tengah? Gatot menjawab, masih dirahasiakan. Menurutnya, adanya poros tengah akan membuat kontestasi politik semakin seru dan tidak panas.

“Rahasia, kami masih memberikan peluang kepada peserta. Jika tidak ada, poros tengah akan kami dorong maju di pilkada,” pungkasnya.

Seperti diketahui, calon yang mendaftar di penjaringan PDIP Berau, yakni Muharram, Taupan Madjid, Rusianto dan Maulana.

Diberitakan sebelumnya, Pasangan calon Seri Marawiah-Agus Tantomo, dipastikan sudah komitmen berpasangan, dengan rekomendasi tiga partai. Lalu, bagaimana kabar pasangan Muharram Syarifatul (MURI), yang sebelumnya sudah mendapatkan rekomendasi dari dua partai?

Lima partai politik telah menentukan arah politiknya di pilkada serentak 2020, yakni Partai Golkar (6 kursi)-NasDem (6 kursi)-Hanura (1 kursi) mengusung pasangan Seri Marawiah-Agus Tantomo. Sementara, PKS (4 kursi)-Gerindra (2 kursi) masih mengusung pasangan Muharram-Syarifatul Syadiah.

Beredar isu pasangan MURI bubar, setelah rekomendasi Partai Golkar diberikan kepada Seri Marawiah, bukan Syarifatul Syadiah. Kabar tersebut dibantah Ketua Harian DPD PKS Berau, Munadi.

Dia mengungkapkan, sejauh ini PKS masih menjalin komunikasi baik dengan Sari –Sapaan Syarifatul Syadiah. Besar harapan, pasangan MURI tetap melaju pada Pilkada 2020”.

“Tidak ada bubar, isu (bubarnya Muri) tidak benar,” tegasnya kepada Disway Berau, Rabu (15/7).

Lanjut Munadi, PKS masih terus membangun koalisi dengan sejumlah partai politik di Kabupaten Berau, terutama Partai Gerindra yang sejak awal telah memberikan dukungan pasangan MURI. Komunikasi itu digalang, guna mempersiapkan poros baru menghadapi pilkada serentak 2020.

“Karena poros koalisi menjadi penyeimbang dan penentu kemenangan di pilkada mendatang. Tentu strategi telah kami siapkan,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Berau, Feri Kombong menegaskan, rekomendasi pasangan MURI dari partai binaan Prabowo Subianto maju di pilkada 2020, masih berlaku.
Rekomendasi akan direvisi jika pasangan dinyatakan bubar di tengah jalan.

“Kalau masih berpasangan, masih berlaku. Artinya, kami akan dampingi pasangan MURI untuk memenangkan pilkada. Karena kami melaksanakan surat yang menjadi perintah partai,” tandasnya.

Empat partai belum menentukan arah politik, yakni Demokrat (3 kursi), PDIP (3 kursi), PPP (4 kursi) dan PAN (1 kursi).
Berdasarkan informasi, Partai Demokrat dan PDIP telah mengeluarkan rekomendasi calon kepala daerah, sedangkan PPP masih komitmen maju di pilkada.
Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved