"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Jangan Khawatir!!! KPU Buat Bilik Khusus Pilkada bagi Warga Bersuhu di Atas 37,3 Derajat


JAKARTA, Beruangmadunews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan simulasi pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19. Karena, pemungutan suara yang dilaksanakan di tengah masa pandemi menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. 

“KPU menjamin tahapan ini dilaksanakan dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan bagi para pihak yang terlibat, baik penyelenggara, peserta pemilihan, maupun pemilih,” kata Ketua KPU, Arief Budiman, di gedung KPU, Jakarta, Rabu 22 Juli 2020.

Ia menjelaskan, komitmen KPU dituangkan dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020. Dan simulasi kali ini adalah uji coba penerapan PKPU tersebut, di mana simulasi dilakukan dengan kondisi mendekati kondisi pada hari pemungutan suara. 

Seperti jumlah pemilih dalam TPS sebanyak 500 orang, yang akan menggunakan haknya mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Dan penggunaan masker serta penerapan jarak aman antara petugas, saksi, warga, dan bilik suara, hingga pengukuran suhu warga.

“Perlakuan khusus diberikan kepada pemilih yang suhu tubuhnya lebih dari 37,3 derajat. Pemilih ini tidak diperbolehkan masuk ke TPS, melainkan diarahkan ke bilik khusus,” tuturnya.

“Setelah selesai mencoblos, kerabat atau KPPS tersebut memasukkan surat suara tersebut ke kotak suara. KPPS mengoleskan tinta kepada pemilih, dan bisa segera meninggalkan TPS,” paparnya.

Untuk keselamatan para petugas dari penyebaran virus COVID-19, petugas KPPS, selain menggunakan masker, juga dilengkapi dengan face shield dan sarung tangan, serta baju hazmat apabila diperlukan.

“Secara berkala petugas akan menyemprot area TPS dengan cairan disinfektan. Penerapan protokol kesehatan di TPS diawali dengan penyemprotan TPS dan area sekitarnya dengan cairan disinfektan sebelum pemungutan suara dibuka pada pukul 07.00 WIB,” katanya


Sumber : viva.co.id

Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved