Jelang HUT Kodam VI/ Mulawarman, Kodim 0905/BPP Lakukan Donor Darah


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com - Bakti Sosial Donor Darah menyambut hari jadi Kodam VI/Mulawarman ke-62 yang akan jatuh pada 18 Juli 2020 mendatang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, karena di tengah pademi peringatan tahun ini tidak digelar acara besar namun dialihkan dengan kegiatan kemanusiaan dengan melakukan donor darah.

Bertajuk Mulawarman Peduli,
Kegiatan donor darah ini ditujukan dalam upaya membantu kekurangannya persediaan stok darah di PMI Balikpapan di tengah penyebaran covid-19 atau virus Corona.Yang berlangsung di aula makodim 0905/Balikpapan, Sabtu (11/7/2020).

Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, mengatakan kegiatan bhakti sosial donor darah ini dalam rangka menyambut HUT Kodam VI/ Mulawarman ke-62 sesuai dengan tema Mulawarman Peduli yang sebelumnya telah dilakukan di Makodam VI/ Mulawarman.

” Rangkaian kegiatan HUT Kodam VI/ Mulawarman diutamakan terkait kegiatan kemasyarakatan salah satunya melakukan kegiatan donor darah”, ungkap Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa seusai acara kegiatan donor darah.

I Gusti Agung Putu Sujarnawa menjelaskan sebagai bentuk kepedulian Kodim 0905/BPP terhadap persedian stok darah yang makin menepis bisa kembali normal. “Sesuai penyampaian Ketua PMI bahwa persedian stok darah semakin menepis di Balikpapan bisa kembali normal”, paparnya di depan awak media.

Menurutnya, Ditengah pandemi covid-19 memang persyaratan untuk melaksanakan donor darah diperketat demi keamanan masyarakat sehingga diyakini darah yang diambil darah yang bersih dan sehat.

Kegiatan yang diikuti sekitar  300 pendonor dari Jajaran Kodim dan persit yang berada di wilayah Kodim 0905/Balikpapan, Personel Lanal, Personel Lanud dan Polresta Balikpapan, Hipakad, FKPPI, dan masyarakat.

Adanya persyaratan yang ditentukan PMI, seperti tensi darah harus stabil, HB darah normal maka dalam kegiatan donor darah ini didapat kantong darah sebanyak 87.

Ditempat yang sama Wali kota Balikpan Rizal Efenddi menambahkan kegiatan bhakti sosial donor darah yang dilakukan jajaran Kodam VI/ Mulawarman khususnya Kodim 0905/ BPP, PMI Balikpapan sangat terbantu karena kurangnya persediaan stok darah saat ini.

” Adanya kegiatan ini bisa membantu persedian donor darah PMI Balikpapan yang terbatas dan menepis sehingga bisa mencukupi stok yang ada”, ucapnya.

Sementara itu Ketua PMI Dian Muriani mengemukan bersyukur adanya kegiatan donor darah yang dilakukan oleh jajaran Kodam VI / Mulawarman, dalam rangka Mulawarman Peduli. Seperti yang kita ketahui saat ini persedian stok darah yang menepis, dengan adanya kegiatan ini bisa mencukupi persedian stok darah yang kurang.