"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Kalimantan Timur Surga Kuliner Ikan Haruan, Ini Lima Olahan yang Wajib Kalian Coba


BERUANGMADUNEWS.COM -- Kalimantan Timur merupakan surga kuliner tradisional di Borneo. Provinsi beribu kota Samarinda ini terkenal dengan olahan ikannya.

Salah satu ikan terkenal di Bumi Mulawarman yaitu ikan gabus atau dalam bahasa setempat ikan haruan. Ikan haruan juga sebuatan dalam bahasa Melayu.

Ikan haruan banyak terdapat di perairan darat di Kalimantan Timur. Ikan ini diolah menjadi beragam makanan tradisional dari mulai sayur, lauk pendamping, hingga sebagai bahan pembuatan penganan.

Kalau kamu melancong ke Kaltim, olahan ikan haruan harus ada dalam daftar buruan wisata kuliner kamu. 

Berikut Beruangmadunews.com sajikan 5 makanan dari ikan gabus yang bisa kamu coba :


1. Rabo'ruan


    Rabo'ruan yang wajib dimakan kalau mengunjungi Kalimantan Timur


Rabo'ruan merupakan nama bumbu yang disajikan bersama ikan haruan. Rabo'ruan diolah dari ikan haruan atau gabus yang dihaluskan bagian dagingnnya dan dibumbui. Ikan gabusnya sebelumnya mela lui proses pengukusan.


2. Gence ruan



      Gence ruan khas Kutai Kartanegara


Dari asal katanya, gence ruan tersusun dari dua kata, yakni 'gence' yang berarti sambal goreng khas Kalimantan Timur dan 'ruan' yang artinya ikan haruan atau ikan gabus. Memanglah gence ruan merupakan hidangan ikan gabus bakar yang disiram dengan sambal goreng pedas yang khas. Sajian satu merupakan makanan khas daerah Kutai Kartanegara.


3. Sayur asam Kutai



Sayur asam Kutai memiliki bahan yang berbeda dengan sayur asam dari Betawi


Dari banyak olahan ikan gabus, salah satu yang jadi favorit yaitu sayur asam Kutai. Sayur asam kutai berbeda dengan kebanyakan sayur asam daerah lain yang diolah dari sayuran, makanan ini berbahan baku ikan atau kepala ikan gabus.

Tak hanya bahan ikan gabus, sayur asam Kutai juga dilengkapi dengan bahan lain seperti pisang mentah, ubi, dan kangkung. Sementara bumbu asamnya berasal dari air jeruk nipis dan terung asam Kalimantan atau disebut juga terung Dayak.


4. Nasi Kuning




             Nasi kuning khas Samarinda


Nasi kuning Khas Samarinda secara sekilas tak jauh berbeda dengan nasi kuning daerah lain berwarna kuning dari kunyit. Bedanya, nasi kuning khas Samarinda bercitarasa sangat gurih dengan penggunaan santan. Sementara lauk pauk, ada penggunaan ikan gabus yang menjadi ciri khasnya.


5. Amplang


 Amplang nyamikan gurih dari Kalimantan

Amplang merupakan makanan jenis kerupuk yang dibuat dari adonan ikan haruan dan tepung sagu. Bentuknya dibuat bulat-bulat seukuran ibu jari orang dewasa. Selain ikan haruan digunakan juga ikan tengiri dan ikan pipih (belida) yang mudah ditemukan di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. 

Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved