Kue "Elat Sapi", Si Manis dari Tenggarong Kalimantan Timur


TENGGARONG, beruangmadunews.com -- Kue elat sapi bisa juga disebut wadai elat sapi atau lidah sapi, adalah jajanan khas dari daerah Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan timur.

Kue ini termasuk ke dalam jenis kue kering yang rasa nya lembut dan manis di mulut. Jajanan wadai elat sapi termasuk salah satu dari sekian banyak kue tradisional khas dari propinsi kalimantan timur atau borneo.

Dahulu kala kue wadai elat sapi biasa disajikan oleh penduduk setempat, sebagai sajian saat sedang melakukan acara pernikahan yang banyak mengundang tetangga sekitar.

Kue lidah sapi juga bisa dijadikan buah tangan, saat sahabat berkunjung ke daerah yang luasnya melebihi pulau jawa tersebut.

Untuk membuat kue lidah sapi yang enak, tentu saja harus melalui serangkaian proses cara membuat yang sudah turun temurun ada di daerah kaltim.

Dalam membentuk kue lidah sapi, memang sengaja dibuat hampir mirip dengan lidah sapi sungguhan yang bentuk nya oval. Atas dasar inilah, kue tersebut dinamakan wadai elat sapi yang mempunyai arti lidah sapi.

Usut punya usut, ternyat kue khas Kaltim ini ternyata sudah ada sejak jaman kerajaan Kutai. Para keluarga raja yang merupakan penduduk asli pulau Kalimantan Timur, sangat menyukai kue ilat sapi karena rasanya yang lezat dan enak.


Cara penyajian kue wadai ilat sapi


Tidak ada yang istimewa tentang cara penyajian kue lidah sapi, hanya saja para penduduk asli sering menambahkan tepung untuk menjaga ketahan dan rasa kue lidah sapi.

Biasanya kue lidah sapi disajikan bersama dengan teh manis panas, yang merupakan minuman sehari-hari penduduk setempat. Semoga yang singkat ini, bisa bermanfaat.