Kue Mantau, Roti Lembut dan Nikmat Oleh-oleh Khas Kota Minyak Balikpapan

                       Kue Mantau Kota Balikpapan


KALTIM, Beruangmadunews.com -- Balikpapan salah satu kota besar di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan bagian timur. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup yang paling tinggi di Indonesia. Selain itu kota ini juga memiliki julukan Banua Patra (Kota Minyak). Jika anda berkunjung ke Balikpapan, sudah selayaknya anda bawa oleh - oleh Mantau Sapi Lada Hitam produksi Pondok Mantau. Selain rasanya yang khas dan lezat, makanan ini bisa dinikmati oleh semua usia. 

Mantau merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Balikpapan yang nikmatnya membuat siapa pun ketagihan. Roti Mantau sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun namanya agak kurang terdengar dikalangan wisatawan. Mantau saat ini perlahan namanya kian meroket dan sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan. Mantau atau Roti Sepan ini sebenarnya adalah makanan khas Tionghoa yang telah beradaptasi dan mengalami proses kulturasi sehingga menjadikan makanan ini  khas Balikpapan

Mantau pada umumnya sama dengan roti lainnya, dan memiliki bentuk seperti Bakpao. Bedanya Roti ini tidak diisi daging, coklat atau apapun seperti Bakpao. Mantau hanya murni Roti biasa yang terbuat dari tepung terigu pilihan yang diolah sedemikian rupa sehinga menciptakan tekstur rasa yang lembut.

Memakan Mantau seperti menyiapkan sebuah sandwich. Kita memasukkan lauknya sendiri ke dalam roti yang sudah kita potong. Makanan ini pas banget buat sarapan dan cemilan makan siang / sore.  Mantau pun terbagi atas dua macam yaitu Mantau Goreng dan kukus. keduanya sangat cocok dinikmati hangat-hangat. Harganya pun bervariasi dari Rp2000 - Rp3000 per rotinya. Sedikit saran saja, Mantau yang bagus adalah yang berwarna cokelat sawo matang, dengan permukaan yang agak kering.

Lokasi Pondok Mantau berada di tengah kota Balikpapan, juga dijual di pusat oleh-oleh sepanjang perjalanan menuju Bandara Sepinggan. Uniknya Mantau ini sudah dipacking sedemikian rupa dalam kotak berisi 8 buah Mantau. Di dalamnya juga ada lauk pendampingnya, Kepiting Lada Hitam atau Sapi Lada Hitam yang sudah di packing sedemikian rupa. Harganya satu kotak 60ribu rupiah. Jika Anda ingin menikmati Mantau Kukus tinggal di goreng, dan panaskan lauknya.