"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Tim Jibom Detasemen Gegana Evakuasi Mortir Sisa Peranng Dunia Ke II



BALIKPAPAN, beruangmadunews.com - Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Kaltim mengevakuasi mortir yang ditemukan pengepul barang bekas di Jl. Beller Rt 18 Balikpapan Selatan. Mortir ini diduga berdaya ledak besar itu dibawa ke mako Detasemen Gegana untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Tim Jibom Brimob, Aipda Harmoko, mengatakan mortir tersebut dipastikan dalam kondisi aman. walau fuse atau pematik yang ada di ujung mortir masih terlihat. Meski demikian, di dalam mortir itu masih terdapat mesiu yang bisa meledak.

Menurutnya mortit tersebut diduga merupakan peninggalan masa penjajahan. Namun pihaknya belum bisa memastikan tahun pembuatan dan jenisnya, sebab kondisinya telah berkarat.

"mortir yang di temukan ini bisa jadi dulu dijatuhkan dari pesawat tempur atau bisa juga memang disimpan di situ," imbuhnya.

proses evakuasi dilakukan oleh tim Jibom dari Brimob. Mortit seberat 15 kg itu langsung di amankan guna keamanan masyarakat sekitar.

"Terimakasih kepada masyarakat yang sudah melaporkan barang temuan mortir ini, karna ini merupakan salah satu barang yang berbahaya jika tidak di amankan di tangan yang tepat, di harapkan jika menemui hal semacam ini segara melapor kepihan yangberwajib" kata Komandan Detasemen Gegana Kompol Sony Laway S.I.K.

Tim Jibom Brimob memastikan mortir itu memiliki daya ledak tinggi. Bahkan bila meledak bisa menghancurkan jembatan pemukiman sekitar. Sementara Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., mengatakan mortir itu memiliki panjang 40 cm dan diameter 41 cm. "Kami sudah mengamankan sejak tadi malam dengan dipasang garis polisi," kata Dansat Brimob Polda Kaltim.

Sebelumnya seorang warga yang membeli barang bekas dengan berat 15 kg ini curiga benda ini seperti bom, dan langsung menghubungipihak berwajib untuk di lakukan penyelidikan lebih lanjut.

Selain itu dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-75, Satuan Brimob Polda Kaltim berupaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia. Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

“Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Ke-75, Satuan Brimob Polda Kaltim berupaya membantu sesama dengan mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved