Cegah Kriminalitas Di Tempat Umum, Detasemen Gegana Patroli Pasar


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Kenyamanan, keamanan masyarakat merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan tugas fungsi Polri khususnya Brimob, salah satunya dengan menggelar giat patroli. Rabu (26/08/2020).

Salah satunya dengan menggelar Patroli Pasar atau dialogis. Sasarannya, untuk memberikan masukan dan arahan tentang Kamtibmas ke masyarakat dan para pedagang di pasar Pandan Sari Balikpapan Barat.

Para pedagang merasa aman, dengan kehadirannya patrol Brimob khusunya Detasemen Gegana, “dengan hadirnya patrol ini kami merasa aman saat berteransaksi jual beli di pasar” ujar salah satu pelaku dagang.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K. menuturkan, Pasar merupakan tempat yang sangat rawan akan terjadinya tindakan criminal, seperti pencopetan dan lain hal Sehingga itu, pihaknya melakukan patroli secara langsung ke lokasi tersebut. Demi menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Patroli ini merupakan giat yang akan terus di lalsanakan  oleh Personil Detasemen gegana. Khususnya patroli ke pasar tradisional dalam rangka mengantisipasi terjadinya copet, jambret dan lainnya.

Giat rutin patroli ini merupakan langkah antisipasi kami mencegah aksi kejahatan tersebut, sehingga tidak ada masyarakat menjadi korban kejahatan itu,” ujarnya.

Selain itu dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-75, Satuan Brimob Polda Kaltim berupaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia. Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.

“Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Ke-75, Satuan Brimob Polda Kaltim berupaya membantu sesama dengan mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat,” pungkas Kombes