Dukung Ketahanan Pangan, Brimob Polda Kaltim Panen Harwat dan Panen Tanaman Hidroponik


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Program ketahanan pangan Nasional ditengah pandemi Covid-19 ala Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim membuahkan hasil. Panen, sayur berupa sawi, selada dan kangkung hasil pertanian hidroponik itu kemudian dibagi-bagikan ke masyarakat.
Personel Satbrimob Polda Kaltim selanjutnya membagikan sayuran itu kepada masyarakat di Jl. Jend. Sudirman Stalkuda Balikpapan. Selain sayuran, Brimob Kaltim juga membagikan sembako dalam program bhakti brimob kaltim untuk masyarakat.
“Hasil hidroponik ini sebagai program ketahanan pangan Brimob Kaltim di tengah masa pandemi Covid-19. Kami ingin berbagi dengan masyarakat untuk bersama-sama menikmati hasil dari pertanian hidroponik. Untuk hasil dari budidaya ikan lele, kami rencanakan juga untuk dibagikan kepada masyarakat,” kata Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK. Senin (24/8/2020).
Ia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya mengembangkan budidaya berbagai jenis sayuran serta lele dengan sistem menanam dengan memanfaatkan air tanpa lahan tanah sebagai program ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19.
“Dalam program budidaya ini, kami melibatkan anggota Batalyon A Pelopor. Kegiatan budi daya ini dilakukan di sekitaran asrama Brimob Batalyon A Pelopor,” ucap AKBP Gunawan Tri Laksono.
Sementara ini di kebun hidroponik baru dikembangkan jenis tanaman kangkung dan sawi. Ke depan, kebun itu akan dikembangkan ke jenis tanaman lain seperti cabai, tomat, bayam dan beberapa yang lain.
“Aktifitas ini masih sebatas pada kalangan internal Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim dengan tujuan mampu menciptakan kemandirian pangan. Kalau berhasil ini akan dikembangkan terus. Jika kita sudah memiliki SDM yang kuat, tak menutup kemungkinan kami akan berbagi pengalaman dengan masyarakat sekitar agar dapat bertani meski di lahan yang sempit,” ungkap Gunawan Tri Laksono..
Ia berharap seluruh anggotanya dapat melakukan budidaya hidroponik dengan memanfaatkan lahan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.
“Dengan kegiatan budidaya metode hidroponik ini, saya berharap seluruh personel dapat termotivasi untuk mengembangkannya. Selain lingkungan menjadi lebih asri, juga dapat membantu ekonomi keluarga,” pungkas AKBP Gunawan Tri Laksono.
Selain itu dalam upaya membantu sesama masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ditengah pandemi yang saat ini dihadapi bangsa Indonesia, Danyon A Pelopor AKBP Gunawan Tri Laksono, SIK, memerintahkan jajarannya mendirikan Dapur Lapangan Brimob Kaltim guna menyalurkan bantuan sosial berupa masakan siap saji dengan harapan meringankan sedikit beban masyarakat sebagai wujud Bakti Brimob Kaltim untuk masyarakat.