"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Sapi Milik Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Hewan Kurban Terbesar se-Indonesia, Bernilai Fantastis


BERUANGMADUNEWS.COM - Hari ini, kamu sudah menyaksikan penyembelihan hewan kurban belum?

Perayaan Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Sebab, penyembelihan hewan kurban memang lazim dilakukan di setiap Hari Raya Idul Adha.

Sebagai salah satu amalan sunnah bagi umat muslim, penyembelihan hewan kurban ini selalu jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Ya, tepatnya di hari ini (31/7/2020), umat muslim tengah merayakan hari Raya Idul Adha tersebut.

Tak mau ketinggalan momen Idul Adha, Presiden Joko Widodo diketahui telah mempersiapkan sejumlah hewan kurban di berbagai daerah.

Mengutip informasi dari Kompas.com pada Jumat (31/7/2020), salah satu hewan kurban milik Presiden Jokowi ini diketahui telah disumbangkan untuk warga Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Adapun hewan kurban milik orang nomor satu di Indonesia ini adalah sapi jenis Simental.

Istimewanya lagi, sapi yang disumbangkan oleh Presiden Joko Widodo ini dinobatkan sebagai hewan kurban terbesar se-Indonesia.

Sekretaris Dinas Peternakan NTB, Iskandar, menyebutkan sapi milik Presiden Joko Widodo itu mempunyai berat lebih dari 1 ton.

"Berat sapi Pak Presiden itu 1,3 ton ya, itu terberat se-Indonesia," jelasnya.

Sapi yang dibeli dari peternak di Desa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok itu dibeli dengan harga senilai Rp 130 juta.

Menurut Iskandar, sapi tersebut dibeli melalui proses seleksi dan pemeriksaan kesehatan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Denpasar.

"Sapi tersebut dalam keadaan sehat setelah kami ambil sampel darahnya kemudian dikirimkan ke BBVET diperiksa dan hasilnya sapi itu sehat," kata Iskandar.

Ya, setelah dinyatakan dengan hasil pemeriksaan yang baik dan memiliki kondisi sehat, akhirnya sapi itulah yang dipilih oleh Presiden untuk warga NTB.

Lebih lanjut, Iskandar juga menuturkan bahwa sapi tersebut telah dibawa ke Islamic Center dan akan dikurbankan pada Sabtu (1/8/2020).

Penyembelihan dipilih hari Sabtu karena pertimbangan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat, dan waktu yang singkat.

Tak hanya di NTB, sapi yang memiliki berat lebih dari 1 ton milik Presiden Jokowi juga diberikan untuk warga Surabaya.

Melansir informasi dari Suryamalang.com, sapi kurban Presiden Joko Widodo yang memiliki berat 1,04 ton ini telah diserahkan pada Masjid Akbar Surabaya sejak Kamis (30/7/2020) kemarin.

Hal ini telah dibenarkan oleh Helmy M Noor selaku humas Masjid Al Akbar.

"Alhamdulillah sapi Pak Presiden sudah datang," ujarnya singkat.

Selain sapi Jokowi, sejumlah pejabat utama di Jatim juga berkurban di Masjid Al Akbar.

"Ibu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan sapi Peranakan Ongole yang memiliki berat 1 ton berasal dari peternak Lamongan," pungkasnya.

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved