"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Brimob Batalyon A Pelopor Dukung Kampanye ‘Memaskerkan Indonesia’ Guna Kendalikan Penyebaran Covid-19.

BALIKPAPAN , Beruangmadunews.com — Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim mendukung upaya pemerintah, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan maupun inisiatif individu dalam mengkampanyekan “Memaskerkan Indonesia” guna mengendalikan penyebaran Covid-19. Hingga saat ini, petugas masih banyak menemukan masyarakat yang tidak disiplin menggunakan masker.

“Fenomena tersebut merupakan hal positif yang perlu diapresiasi mengingat pengendalian penyebaran Covid-19 membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak,” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK , Jumat (18/9).

Kompol V. J. Parapaga menjelaskan bahwa pemerintah sudah melakukan kampanye penggunaan masker secara masif kepada masyarakat dalam beberapa bulan terakhir.

Namun petugas masih banyak menemukan masyarakat yang tidak disiplin menggunakan masker di Balikpapan sehingga berdampak terhadap tingginya potensi penularan Covid-19.

Karena itu, lanjut Kompol V. J. Parapaga, kampanye penggunaan masker dalam konteks peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan masih sangat relevan untuk terus dilaksanakan.

“Harus terbangun kesadaran di masyarakat akan makna penting penggunaan masker dalam membangun ketahanan di masa pandemi, utamanya ketahanan dalam aspek kesehatan dan aspek sosial ekonomi,” ujar Kompol V. J. Parapaga.

Sementara Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengingatkan pentingnya aspek edukasi dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

“Kita harus dan wajib menggunakan masker atau menjaga jarak karena hal ini sangat penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutur John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Dia mengingatkan bahwa kasus Covid-19 masih terus meningkat. Karena itu, diperlukan fokus dalam upaya penanggulangan dengan pencegahan penularan, peningkatan angka kesembuhan, dan penurunan angka kematian.

John Huntal Sarjananto Sitanggang menyarankan masyarakat melakukan pencegahan kemungkinan terinfeksi sedini mungkin dengan melakukan gerakan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), mengkonsumsi gizi seimbang, segera mandi dan berganti pakaian setelah bepergian, meningkatkan daya tahan tubuh serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk meningkatkan kesadaran publik untuk disiplin memakai masker dalam upaya pencegahan Covid-19 pada seluruh tatanan, Pemerintah mengkampanyekan secara nasional “Selalu Pakai Masker”, dengan pesan disiplin memakai masker.

“Ayo gunakan masker, jangan kendor menggunakan masker karena maskerku melindungimu dan maskermu melindungiku,” ucap John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.”

Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved