Brimob Ramah Anak Indonesia, Batalyon A Pelopor Sediakan Fasilitas Belajar Dimasa Pandemi


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Satbrimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor menyediakan fasilitas belajar mengajar bagi anak-anak dalam masa pandemi di Jl. Jend. Sudirman Stalkuda Rt. 23 Balikpapan Selatan. Senin (21/09).

Pandemi covid-19 masih menjadi penghalang dalam melaksanakan kegiatan belajar di sekolah. Kondisi ini juga masih belum bisa diketahui kapan berakhirnya, namun demikian pihak sekolah memberikan solusi dengan tetap menyelenggarakan kegiatan belajar secara online dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih.

Menyikapi hal tersebut Korps Brimob Polri menggagas program BRAIN (Brimob Ramah Anak Indonesia) yang kemudian dilaksanakan oleh jajaran Satbrimob Polda di seluruh Indonesia. Program brain merupakan kegiatan yang dilaksanakan jajaran Korps Brimob Polri dalam menyediakan fasilitas belajar mengajar bagi siswa dalam masa pandemi. Adapun fasilitas belajar yang di sediakan antara lain wifi gratis bagi siswa, media elektronik untuk belajar, ruang kelas dan bimbingan belajar dari personel Brimob itu sendiri.

Kali ini Satbrimob Polda Kaltim turut serta dalam mendukung terlaksananya program ini. Kegiatan dilaksanakan di Rumah Pak RT. 23 Jl. Jend. Sudirman Stalkuda Balikpapan Selatan. Peserta kegiatan Brain ini berasal dari anak- anak yang tinggal di lingkungan sekitar Mako Satbrimob Polda Kaltim. Para pelajar yang datang terlebih dahulu diperiksa suhu badannya menggunakan thermal gun, selain itu para pelajar wajib menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini personel Brimob memberikan edukasi dan bimbingan belajar bagi anak anak serta mengajarkan betapa pentingnya protokol kesehatan.

Dengan terlaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam menjaga kondusifitas pendidikan di Indonesia ditengah masa pandemi covid-19 yang belum mereda.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K. menjelaskan bahwa Program Brain merupakan wujud bhakti Polri dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjaga kondusifitas pendidikan, rencananya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan ditengah masa pandemi.

“Dengan terkasanakanna program Brain diharapkan Kondusifitas pendidikan tetap terjaga, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan di tengah masa pandemi yang masih kita hadapi,” jelas Dansat Brimob.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.