"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Imbau Warga Patuh Protokol COVID, Brimob Batalyon A Pelopor di Balikpapan Patroli ke Warkop-Cafe

BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com — Brimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor di Balikpapan berpatroli ke warung kopi hingga tempat keramaian untuk mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona. Sosialisasi dilakukan secara persuasif dan humanis selama ini rutin.

“Kegiatan patroli dan sambang ini rutin pihak kami lakukan yang tujuannya menghimbau warga Balikpapan untuk patuh terhadap protokol kesehatan,” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK. Sabtu (19/9/2020).

Dalam patroli tersebut, petugas mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, berjaga jarak serta rajin mencuci tangan. Menurut V. J. Parapaga, peran aktif masyarakatlah dan kesadaran yang tinggi akan penerapan protokol kesehatan yang mampu mengurangi angka penyebarab Covid-19.
“Pihak Kami hanya mampu untuk mengimbau dan mengingatkan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru yang ditegaskan pemerintah,” ujarnya.

Pada Kesempatan yang berbeda Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK juga mengimbau, para pemilik usaha di Balikpapan untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Setiap tempat usaha diminta menyediakan wastafel, hand sanitizer, mengatur jarak tempat duduk, serta pelanggan dan pelayan diwajibkan menggunakan masker.

Menurut John Huntal Sarjananto Sitanggang, masyarakat kota Balikpapan sudah banyak yang paham pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Tapi yang mempraktikkannya masih sedikit.

“Kita harapkan seluruh masyarakat Kota Balikpapan sadar akan pentingnya pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan ini guna memutuskan mata rantai COVID-19 di Balikpapan,” jelas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Seperti diketahui, kasus positif Corona di Balikpapan mencapai 2558 orang. 1589 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 163 orang meninggal dunia dan 309 masih menjalani perawatan di rumah sakit serta 497 isolasi mandiri.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved