"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Jelang HUT Pelopor Ke-61, RSKD Balikpapan Disemprot Desinfektan Mobil AWC Batalyon A Pelopor Brimob Kaltim


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com — Jelang Hari Ulang Tahun Pasukan Pelopor Korp Brimob Polri ke-61 serta terapkan adaptasi kebiasaan baru, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menggelar penyemprotan desinfektan di Kota Balikpapan. Salah satunya di lingkungan Rumah Sakit Daerah Kanudjoso Djatiwibowo.

“Ini dalam rangka penerapan adaptasi kebiasaan baru, kita tetap harus waspada dengan tetap rutin melakukan penyemprotan. Di Kota Balikpapan kita sasar RSKD dan jalan protokol,” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK, saat dikonfirmasi. Jumat, (11/9/2020).

Untuk di Balikpapan, lanjutnya, kegiatan penyemprotan desinfektan dilakukan di ruas jalan protokol, kantor pemerintahan, perumahan, dan rumah sakit rutin dilakukan bersama BPBD Kota Balikpapan, hal ini sebagai bentuk bakti Brimob untuk masyarakat.

“Kenapa kali ini di rumah sakit, kita tahu kan memang rumah sakit RSKD merupakan rujukan pertama penanganan pasien Covid-19. Kita ingin memastikan semua tempat ini bisa steril hingga tidak ada lagi penyebaran Covid-19,” lanjut Plh. Danyon A Pelopor

Dikesempatan yang berbeda Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan, Selain mobil water canon Brimob Polda Kaltim, kegiatan yang digelar Satbrimob Polda Kaltim ini juga melibatkan anggota BPBD Kota Balikpapan sebagai pemandu tempat yang akan disemprot desinfektan.

“Kegiatan ini akan kita laksanakan setiap hari dengan menurunkan mobil water canon yang menyemprotkan setidaknya 6000 liter cairan desinfektan,” kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Dansat Brimob berharap kegiatan ini bisa memutus cepat mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan yang datanya saat ini bertambah setiap harinya.

“Pemkot Balikpapan sudah memberlakukan adaptasi kebiasaan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tempat ibadah, wisata, dan mall. Makanya kita bantu Pemerintah untuk memastikan itu berjalan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkas John Huntal Sarjananto Sitanggan.
Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved