"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Keliling Kota Balikpapan, Mobil Water Cannon Brimob Batalyon A Pelopor Semprot Desinfektan


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Aksi penyemprotan menggunakan mobil water cannon Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim yang diisi disinfektan dibantu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Balikpapan.

Penyemprotan dilakukan keliling kota Balikpapan mulai dari Jl. Jend. Sudirman, Gn. Sari, Karangjati, Rapak dan Jl. Soekarno Hatta.

Semprotan memang diarahkan ke jalan raya karena kondisi jalan yang jarang pernah disemprot disinfektan. Semprotan awal hanya diarahkan ke trotoar jalan serta jalur lambat saja beberapa waktu lalu.

“Disinfektan itu untuk mengurangi saja agar kondisi lingkungan menjadi semakin sehat. Pokoknya segala macam cara harus dilakukan agar resiko penyebaran virus covid-19 ini bisa diminimalisasi. Kita akan lakukan secara berkala,’” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK. Senin 21 September 2020.

Anggota kepolisian juga meminta masyarakat untuk tidak keluar rumah, kecuali untuk urusan yang urgen. Juga meminta masyarakat untuk menghindari kerumunan.

Seperti diketahui, kawasan Jalan di Kota Balikpaan banyak kafe dan warung yang biasa menjadi tempat nongkrong masyarakat.

“Ini bagian dari tanggung jawab Polri untuk ikut mencegah penyebaran covid-19 dan melaksanakan protokol kesehatan,” kata Kompol V. J. Parapaga.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved