"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Peduli Pendidikan, Batalyon A Pelopor Brimob Kaltim Gencarkan Program (BRAIN)


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Dampak pandemi covid-19 di Negara kita adalah salah satunya anak – anak sekolah melaksanakan kegiatan belajar secara daring, maka anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melaksanakan salah satu Program Korps Brimob Polri yang diberi nama BRAIN (Brimob Ramah Anak Indonesia).

Maksud dari program tersebut adalah suatu kegiatan dalam rangka mendukung, membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Brimob memfasilitasi warga terutama anak sekolah untuk mendukung dan membantu proses pembelajaran online atau belajar Daring serta mempermudah akses internet.

Kegiatan tersebut terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Kelurahan, dalam memetakan wilayah mana saja yang sulit mengakses internet sekaligus untuk mengetahui jadwal pembelajaran online anak – anak sekolah.

WiFi gratis ini tersedia setiap hari selama jam belajar yg ditunggu oleh tiga sampai empat orang anggota Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim sebagai operatornya yang setiap harinya mendatangi ke beberapa RT maupun kelurahan di Kota Balikpapan.

“Ini bentuk upaya dan kepedulian kita untuk turut serta membantu dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19,” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK. Rabu, 23 September 2020

Seiring berjalannya waktu, sistem pembelajaran online ini banyak dikeluhkan oleh wali murid. Mereka mengaku harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli paket data internet.

“Kita luncurkan ini atas keluhan dari masyarakat. Baik yang mengeluh soal akses sinyal yang sulit, maupun dikarenakan orang tua siswa tidak mampu membeli paket data internet,” ujar Kompol V. J. Parapaga.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK, Mengatakan, seluruh jajaran Brimob Polda Kaltim akan memberikan pelayanan bagi masyarakat khususnya anak sekolah untuk mendukung kegiatan belajar online dengan metode daring.

“Semoga dengan adanya fasilitas ini bisa sangat bermanfaat, sehingga orang tua tidak terlalu terbebani untuk membeli pulsa/kuota untuk pembelajaran online,” tuturnya.

Masih John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Polri serta bentuk Bakti Brimob Polda Kaltim terhadap masyarakat yang terdampak Covid–19.

“Ini merupakan bentuk Bhakti Brimob Polda Kaltim, dalam hal ini di wilayah Balikpapan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid–19,” ujarnya.

Beliau juga berpesan, “Jangan anggap remeh tentang virus corona ini, karena wabah virus ini sudah menjadi pandemi, kita juga harus tetap waspada dan senantiasa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, khususnya di wilayah Kaltim karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam hal yang mengganggu keamanan,” tegasnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved