"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Perpanjang Usia Pakai, Brimob Polda Kaltim Rutin Harwat Persenjataan


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Seksi Logistik Batalyon A Pelopor adalah salah satu Fungsi untuk pemeliharaan dan perawatan senjata yang dimiliki satuan Brimob Polda Kaltim yang bermarkas di Jl. Jend. Sudirman Stalkuda Balikpapan.

Salah satu tugasnya adalah membantu merawat persenjataan yang dimiliki Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim. Tampak anggota Logistik Batalyon A Pelopor yang dipimpin Bripka Darwin, sedang merawat dan memastikan senjata api inventaris Batalyon A Pelopor dalam keadaan baik. Kamis (10/9/2020).

Diungkapkan Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, S.I.K bahwa, rutinitas pemeliharaan secara berkala bertujuan agar senjata mencapai usia pakai lama dan selalu siap untuk digunakan jika dibutuhkan, termasuk latihan menembak.

“Selain merawat dalaman senjata untuk menghindarkan macet/malfungsi, kami juga melakukan lubrikasi dan pengecatan dalam mencegah korosi,” terangnya.

Dijelaskannya mendalam, pembersihan dimulai dengan menyiram senjata atau merendam dengan cairan pelarut untuk melunakkan kotoran di sela-sela/sudut senjata. Untuk laras digunakan pelarut tembaga agar melarutkan partikel tembaga/jelaga yang tertinggal dari selongsong peluru, baru kemudian dibersihkan dengan lantak atau sikat bor untuk memecah kumpulan kotoran pada laras/barrel.

Langkah selanjutnya adalah memberikan lubrikasi pada bagian logam. Pasalnya, minyak senjata selain mencegah keausan dan dan korosi, juga saturasi kelembaban. Minyak juga merupakan pengumpul kotoran dan bubuk mesiu, khususnya pada sekitar lencana tembak.

“Pastikan memberi minyak pada bagian yang berputar, sedangkan gemuk, sebaiknya dioles cukup tipis agar tidak menghalangi gerakan senjata,” imbuhnya.

Disarankannya, selalu membersihkan senjata di luar ruangan atau tempat yang memiliki ventilasi yang baik, karena uap dari pelarut/minyak dapat menjadi penyakit jika terhirup di ruangan tertutup. Menjauhkan minyak dan pelarut dari amunisi karena dapat menyebabkan amunisi tidak menembak atau bahkan meledak, serta menggunakan pelarut yang aman bagi senjata dan kulit orang yang membersihkannya.

“Yang terpenting selanjutnya adalah selalu membersihkan senjata saat kembali ke gudang, petugas gudang harus benar-benar memperhatikan ini,” tandasnya

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkas John Huntal Sarjananto Sitanggang.
Share this article :
 
Copyright © 2017. Beruangmadu News - All Rights Reserved