Water Canon Brimob Batalyon A Pelopor Semprot Disinfektan di Jalan Protokol Balikpapan

BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Berbagai pihak gencar memerangi penyebaran virus Corona Covid-19. Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan, baik di lingkungan rumah, pertokoan, fasilitas publik, hingga jalan umum.

Namun ada yang menarik dalam proses penyemprotan disinfektan yang dilakukan pihak Satbrimob Polda Kaltim. Mereka menyemprotkannya cairan disinfektan di jalanan protokol Kota Balikpapan menggunakan water cannon. Kendaraan yang biasa terlihat saat aksi penyampaian pendapat, penyemprotan juga dilakukan di pusat-pusat keramaian.

Keterangan yang diperoleh tim Humas Brimob Polda Kaltim menyebutkan, penyemprotan dilakukan di sejumlah ruas jalan raya protokol dalam Kota Balikpapan. Mulai Jl. Jend Sudirman – Jl. Marsma Iswahyudi – Bandara SAMS Sepinggan – Jl. Syarifudin Yoes – Depan Gereja Bethany – BJ BJ – Jl. MT. Haryono, dan lainnya. Selain itu, sasaran penyemprotan juga dilakukan di pusat-pusat keramaian, seperti area pasar dan pertokoan.

Penyemprotan disinfektan menggunakan water canon ini cukup mendapat apresiasi warga. Tak jarang warga yang berteriak mengucapkan terima kasih dari tepi jalan raya. “Kami makin bangga. Semprot terus. Terima kasih, pak Brimob,” teriak seorang warga di tepi jalan Syarifudin Yoes Sepinggang, Balikpapan.

Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK menyampaikan, pengerahan water canon yang biasa untuk membubarkan unjuk rasa anarkis ini cukup efektif menyemprotkan disinfektan. Termasuk di area yang luas dengan waktu lebih cepat. Sebab sasaran penyemprotan kali ini adalah jalan raya sekitar Kota Balikpapan dan lokasi keramaian publik.

“Penyemprotan dengan water canon ini untuk efektivitas waktu. Daya tampungnya juga mencapai 6.000 liter. Sehingga cukup menjangkau area yang luas,” papar Kompol V. J. Parapaga.

Selain penyemprotan, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait covid-19. Di antaranya, agar warga mengikuti imbauan pemerintah terkait pembatasan aktifitas diluar rumah atau Physical Distancing. Selain itu, warga juga diminta melakukan tindakan pencegahan mandiri di rumah dan lingkungan masing-masing.

“Untuk jadwal penyemprotan dengan unit water Canon berikutnya, akan kita laksanakan bersama BPBD Kota Balikpapan, Terkait lokasinya nanti akan kita koordinasikan dengan BPBD Kota Balikpapan dan disesuaikan dengan perkembangan kondisi,” tandas Kompol V. J. Parapaga.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.