Brimob Balikpapan Lakukan Patroli Malam di Warung Kopi, Sampaikan Pesan Waspada Pencurian


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Patroli dilakukan personil Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim di warung kopi, Jalan Marsma Iswahjudi, Balikpapan Selatan, Sabtu malam, 10 Oktober 2020.

Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan, termasuk aksi kriminalitas pencurian dilingkungan pemukiman warga.

Saat itu selain melakukan pengawasan, personil Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim juga menyampaikan pesan-pesan keamanan kepada para warga yang sedang nongkrong.

Mereka dihimbau agar selalu mengawasi lingkungan, karena tidak menutup kemungkinan ada yang berencana melakukan aksi kriminalitas di lokasi.

Menurut Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK kegiatan patroli dilaksanakan rutin di tempat-tempat yang rawan kriminalitas.

“Tidak hanya di warung kopi, patroli juga kami lakukan di pemukiman, SPBU dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.