"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Penyemprotan Disinfektan Ruang Publik di Kota Balikpapan Gunakan Water Canon Brimob Batalyon A Pelopor

 


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com - Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menggunakan mobil Water Canon untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke ruang publik.

Rute yang disemprotkan disinfektan yakni mulai dari Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Syarifudin Yoes, Jalan Marsma Iswahjudi, Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Dilaksanakan sebagai upaya Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19,” kata Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK, saat dikonfirmasi, Rabu (14/10/2020).

Tak hanya itu, upaya pencegahan lainnya, kami sudah menerapkan Physical Distancing, memperbanyak tempat cuci tangan dan menyediakan sanitizer dilingkup Batalyon A Pelopor. Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim juga mengajak masyarakat di Kota Balikpapan, untuk menerapkan hal serupa.

Dimana dengan Physical Distancing, rajin cuci tangan, menggunakan masker dan hand sanitizer setidaknya bisa mencegah dan mempersempit penularan covid-19 di Kota Balikpapan.

“Ayo kita terapkan hidup bersih dan sehat, dengan makan-makanan bergizi, mencuci tangan setiap waktu, minum vitamin, olahraga teratur dan terapkan physical distancing atau menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain minimal 1 meter serta tidak bersentuhan,” terangnya.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK juga mengajak masyarakat bijak menggunakan jarinya, dengan tidak menyebar informasi hoax di media sosial (medsos). Sehingga tidak menumbulkan kepanikan dan ketakutan ditengah masyarakat. Kemudian kurangi aktifitas diluar ruangan dan kegiatan berkerumun dengan melibatkan masyarakat banyak. Hal ini berguna untuk menekan penularan covid-19 di Indonesia.

“Dihimbau tidak melakukan pembelian dalam jumlah banyak atau panic buyying, serta melakukan penimbunan sembilan bahan pokok dan kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan, kemudian tidak terpengaruh serta tidak menyebar berita bohong karena bisa menimbulkan keresahan di masyarakat,” jelasnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved