Tanggap Bencana, Brimob Kaltim Bantu Padamkan Kebakaran Rumah di Kawasan Gn. Bakaran Balikpapan


BALIKPAPAN, Beruangmadunews.com – Tim siaga SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim turut memadamkan api yang menghanguskan beberapa rumah di kawasan Gunung Bakaran Jalan Marsma Iswahyudi Kecamatan Balikpapan Selatan malam tadi. Kamis (15/10/2020).

Kegiatan pelayanan prima kepada masyarakat ini beranggotakan sepuluh Personil tim SAR Batalyon A Pelopor lengkap dengan duan unit kendaraan AWC (Automatic Water Canon).

Dalam kegiatannya Plh. Danyon A Pelopor Kompol V. J. Parapaga, SIK menyampaikan atas musibah terbakarnya rumah warga di kawasan Gunung Bakaran Jalan Marsma Iswahyudi Kecamatan Balikpapan Selatan, pihaknya turun ke lapangan menyatu dengan anggota Kepolisian Setempat, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Balikpaan, BPBD Kota Balikpapan dan instansi lainnya.

“Untuk musibah kebakaran ini, memang anggota langsung melibatkan diri dalam memadamkan api agar tidak merembet ke rumah warga lainnya. Dalam waktu sekitar satu jam, atas kerjasama seluruh pihak, api sudah berhasil dikuasai, sehingga tidak menyebar ke rumah lainnya,” ujar Kompol V. J. Parapaga.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK., saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan, setiap harinya personil kami memang selalu siaga untuk penanganan SAR seperti bencana alam atau musibah seperti kebakaran, termasuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta banjir.

“Masyarakat harus tetap waspada dalam menghadapi hal-hal seperti ini. Selalu menjaga keselamatan diluar atau di lingkungan rumah. Jangan lupa sebelum meninggalkan rumah, wajib mengecek dahulu lampu atau aliran listrik maupun kompor untuk dimatikan.” tambahnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.