Brimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor, Rutin Gelar Patroli Sambang Lapas

BALIKPAPAN – Personil Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melakukan patroli sambang ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Balikpapan, Kamis (28/1/2021) pagi.

Patroli Sambang ke Lapas Klas II A Kota Balikpapan itu rutin dilakukan dua kali setiap hari, kadang pagi, kadang siang atau sore dan malam hari.

Hal itu dilakukan untuk memback up keamanan Lapas Kota Balikpapan yang dihuni warga binaan.

“Hari ini dengan kekuatan 4 personil Sat Brimob Polda Kaktim melakukan patroli dan sambang ke Lapas Klas II A Balikpapan,” ucap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Menurut John Huntal Sarjananto Sitanggang, kegiatan patroli dan sambang Lapas tersebut memang penting dilakukan, disamping untuk menjalin sinergitas antar lembaga juga untuk meningkatkan keamanan di Lembaga Pemasyarakat Kota Balikpapan.

“Selain patroli sambang Lapas, anggota juga melakukan patroli wilayah dalam rangka mencegah Tindak Kriminal dan Gangguan Kamtibmas lainnya di Kota Balikpapan,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Patroli Lapas selain dilakukan oleh personil Sat Brimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor juga di Lakukan Den Gegana secara bergantian,” imbuh Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.