Sambang Warung Kopi, Brimob Polda Kaltim Ingatkan Bahaya Covid-19

BALIKPAPAN – Kesiapan untuk menjaga keamanan dan keselamatan utamanya dalam pandemi Corona Seperti saat ini, para petugas patroli Brimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor akan menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan wilayah dan juga melakukan imbauan langsung kepada warga dengan blusukan ke warga baik di pemukiman, jalan, pasar, terminal, pertokoan, perbankan warung kopi dan tempat lainnya. Sabtu (30/1).

Saat dikonfirmasi, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan, personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim akan terus melakukan sosialisasi mengenai upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan cara cuci tangan, pakai masker, jaga pola hidup sehat dan sebagainya.

“Pihak kami akan turun ke jalan-jalan, sambang secara preventif mensosialisasikan, preemtif memberi imbauan-imbauan, mengingatkan masyarakat tentang physical distancing,” terang John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Ia memberi penjelasan, ada 2 sistem yang dilakukan kepolisian sebagai upaya mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona. Pertama, langkah preemtif, yakni memberikan imbauan kepada masyarakat.

Kemudian, langkah kedua, yaitu preventif. Polri melakukan patroli dan menegur masyarakat yang masih berkumpul.

“(Sosialisasi dilakukan) pagi, siang, sore, dan malam,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.