Waspadai Tahanan Kabur, Brimob Batalyon A Pelopor Patroli ke Lapas Kelas IIA Balikpapan


BALIKPAPAN – Mewaspadai kerawanan seperti tahanan kabur, Unit Patroli Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melaksanakan patroli ke Lembaga Pemasyarakatam atau Lapas Kelas IIA Balikpapan, Jumat malam, 15 Januari 2021.

Wadanyon A Pelopor AKP Edy Musdwiyono, S. Sos mengatakan, patroli dialogis Lapas ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban warga binaan.

“Kita mewaspadai seperti tahanan kabur dan lain sebagainya yang bisa memicu hal-hal tidak diinginkan,” kata AKP Edy Musdwiyono.

Sementara itu menurut Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK., kegiatan ini bukanlah hal yang baru, karena ini rutin dilakukan untuk melakukan kontrol sekitar Lapas termasuk jumlah tahanan.

Pihaknya pun mengimbau kepada piket jaga agar meningkatkan kewaspadaan terutama pada jam besuk dan setelah jam besuk selesai agar dilakukan pengecekan kembali.

Terutama, lanjut John Huntal Sarjananto Sitanggang, jumlah tahanan, demikian juga dengan keluarga yang membesuk atau ngantar makanan supaya dilakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan.

“Intinya kita selalu siap jika sewaktu-waktu pihak Lapas membutuhkan bantuan,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.