Antisipasi Kejahatan dan Cegah Covid-19, Brimob Polda Kaltim Gelar Patroli Malam Minggu


BALIKPAPAN – Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan di Kota Balikpapan, Sabtu (28/2) malam.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan bahwa jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim memang rutin dilaksanakan pihaknya melalui patroli dialogis guna antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Kaltim khususnya Kota Balikpapan.

“Kegiatan patrol rutin kami laksanakan setiap malam, namun untuk malam minggu sengaja diterjunkan dua tim guna lebih menjangkau wilayah hukum Polda Kaltim khususnya Kota Balikpapan,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Lanjutnya, dalam patroli malam yang dimulai pukul 20.00 Wita hingga dinihari itu juga melakukan himbauan kepada masyarakat dalam pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19.

“Selain mengantisipasi gangguan Kamtibmas, kami juga membubarkan kerumunan yang ditemukan saat patroli. Kemudian menghimbau masyarat untuk memakai masker dan SOP pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Atas pelaksanaan patroli malam tersebut, Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang berharap dapat menciptakan situasi aman dan kondusif, menjamin kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan istirahat malam maupun beraktifitas.

Ditambahkannya, hingga pukul 22.30 Wita seluruh rangkaian kegiatan masih berlangsung dan tidak ditemukan gangguan, namun disejumlah titik masih ada masyarakat yang belum taat menggunakan masker ketika keluar rumah.

“Situasi hingga saat ini dalam kondisi aman, terhadap masyarakat yang belum menggunakan masker saat keluar rumah telah diberikan himbauan dan mereka berjanji akan menggunakan jika keluar rumah,” pungkas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.