Brimob Kaltim Turut Serta Dalam Penyemprotan Disinfektan Skala Besar di Kota Samarinda

SAMARINDA - Menindak lanjuti perintah Gubernur Kaltim tentang pemberlakuan Kaltim Steril, kota Samarinda laksanakan penyemprotan skala besar. Sabtu (06/02). Kegiatan penyemprotan disinfektan sebagai upaya  pencegahan penularan Covid-19 yang angka penularanya semakin melonjak.

Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim yang dipimpin Komandan Batalyon AKBP Handri Wira Suriyana, SIK turut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan apel gabungan yang dipimpin Komandan Korem Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro di halaman Mapolresta Samarinda yang diikuti gabungan Polresta Samarinda, Batalyon B Pelopor, Korem 091 ASN, Kodim 091,Satpol PP, BNPB serta Relawan. Kegiatan melibatkan banya personel. Tak hanya itu, semua peralatan penyemprotan juga di operasikan. 

Penyemprotan di fokuskan di 5 titik , yakni Bigmall di Jalan Untung Suropati , Terminal Sei Kunjang, Pasar di Jalan Kemuning, Pasar Pagi di Jalan Gajah Mada dan Pasar Segiri.

“saat ini di lakukan penutupan fasilitas umum secara keseluruhan mengikuti instruksi dari Gubernur kaltim, maka dari itu kita manfaatkan untuk melaksanakan penyemprotan secara serentak bersama instansi terkait lainnya, di harapkan dengan lock down atau Kaltim Steril ini dapat mengurangi angka paparan Covid 19, di harapkan masyarakat juga ikut serta dalam membantu memutus mata rantai covid 19 ini”. Ujar Danyon B Pelopor AKBP Handri Wira Suriyana, SIK

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.