"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Cegah Covid-19, Water Canon Brimob Semprot Disinfektan RSKD Balikpapan

BALIKPAPAN – Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim mengerahkan kendaraan taktis jenis truk Water Canon ( AWC ) untuk melakukan penyemprotan cairan Desinfektan di area RS Kanudjoso Djatiwibowo atau RSKD Balikpapan.

Penyemprotan Desinfektan tersebut bertujuan untuk membasmi wabah virus Corona yang kini sudah menyebar di kota Balikpapan.

Diketahui, Rumah Sakit Umum Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan merupakan rumah sakit yang dipilih pemerintah sebagai rumah sakit rujukan dan isolasi pasien positif Corona di Kalimantan Timur.

Pengerahan truk Water Cannon yang biasa untuk membubarkan unjuk rasa anarkis dinilai cukup efektif menyemprotkan Desinfektan di area luas dengan waktu lebih cepat.

Truk Water Cannon dengan kapasitas sekitar 6.000 liter menyemprotkan cairan Desinfektan ke udara dijalan lingkungan RSKD Balikpapan. Senin (1/2/2021).

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK menjelaskan, penyemprotan Desinfektan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Penyemprotan Desinfektan dilakukan di lingkungan RSKD Balikpapan supaya bisa steril. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut mencegah dan sekaligus menangkal penyebaran virus Corona di wilayah hukum Polda Kaltim,” jelasnya.

Rencananya water Canon (AWC) tersebut nantinya akan terus manfaatkan secara bertahap dalam melakukan penyemprotan Desinfektan di seluruh wilayah kota Balikpapan.

Rata-rata jumlah kapasitas cairan Desinfektan yang disemprotkan oleh water Canon tersebut berkapasitas 6.000 liter dan dilakukan lebih dari satu lokasi penyemprotan.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved