"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Cepat dan Sigap, Brimob Kaltim Bantu Padamkan Si Jago Merah di Kampung Tenun


SAMARINDA – Personel Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltim membantu evakuasi korban kebakaran di pemukiman warga depan Kompleks Masjid Tua, Kel. Tenun, Kec. Samarinda Seberang, Jumat (26/02/2021).

Berawal dari informasi masyarakat yang melapor bahwa telah terjadi kebakaran rumah di pemukiman warga di kelurahan Tenun, Kota Samarinda.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK. melalui Danki 4 Batalyon B Iptu Elan Suherlan, mengatakan “mendapati informasi tersebut, dengan cepat dan sigap Unit SAR Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltim diturunkan guna membantu korban kebakaran,” kata Iptu Elan.

“Hanya dalam waktu 10 menit, sebanyak 15 personel yang tergabung dalam Tim SAR langsung menolong dan membantu korban kebakaran serta mengevakuasi barang milik korban yang masih bisa diselamatkan,” tambahnya.

Sebanyak enam unit rumah milik warga hangus dilalap sijago merah. Kejadian sekira pukul 08.40 WITA dan berakhir sekira pukul 10.20 Wita. Dengan armada sebanyak 4 (empat) unit mobil Damkar, dan Mobil relawan kurang lebih 15 (lima belas) unit, ditambah 1 (satu) Unit Awc Batalyon B Pelopor, warga sekitar, personel Polsek dan Anggota Koramil bahu membahu untuk memadamkan kobaran api.

“Cepatnya laju api yang melahap rumah milik korban dikarenakan konstruksi rumah korban semi permanen ditambah lagi dengan kencangnya angin, sehingga menyulitkan unit SAR dengan dibantu oleh empat mobil armada Damkar dalam memadamkan sijago merah,” tambah Iptu Elan.

Alhasil, api dapat dipadamkan selama kurang lebih satu jam. Sementara, untuk korban jiwa dapat dilaporkan nihil, sedangkan kerugian materiil ditaksir sekitar ratusan juta rupiah.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian. 

"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved