Himbauan Kamtibmas Tetap Digelorakan Dit Polairud Polda Kaltim Terkait Bahayanya Virus Covid-19


SAMARINDA, Beruangmadunews.com – Direktorat Polairud Polda Kaltim, Kegiatan Patroli Binmas Perairan maupun sambang dengan warga masyarakat di perairan Pendingin Kukar Atas Samarinda. Minggu (7/2/2021) malam.

Hal merupakan giat rutin yang dilaksanakan anggota Kepolisian khususnya yang di laksanakan oleh Anggota Dit Polairud Polda Kaltim KP. SEBATIK XII - 3001, dengan tujuan untuk menyerap informasi yang berkembang dimasyarakat sehingga riak riak kecil yang di duga dapat menimbulkan gangguan kamtibmas segera bisa diatasi serta keberadaan Polri di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat perairan Kaltim.

Kegiatan patroli maupun sambang yang dilakukan oleh Polri khususnya Dit Polairud Polda Kaltim dapat menarik simpati masyarakat sehingga kedepan Polri makin dekat dan dicintai oleh masyarakat.


Sesuai himbauan dan penekanan Dir Polairud Polda Kaltim Kombes Pol. Tatar Nugroho, SIK, SH kepada anggota Dit Polairud Polda Kaltim untuk selalu memantau situasi wilayah pesisir agar selalu kondusif untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pesisir yang ada di Balikpapan, Kukar, Samarinda, Berau dan sekitarnya.

"Pihak kami rutin lakukan patroli sambang masyarakat perairan memberikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas kepada masyarakat pesisir Kaltim," ucap Kombes Tatar Nugroho.

Himbauan patuh dan taat kepada protokol kesehatan tentang virus corona atau covid-19 selalu disampaikan oleh anggota Dit Polairud Polda Kaltim kepada masyarakat Perairan Kaltim

"Kami himbau untuk masyarakat perairan Kaltim agar selalu mencuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun atau antiseptik untuk mencegah terjadinya penularan virus corona yang sedang merebak saat ini, maka dari itu sesuai Intruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021, untuk menghindari terjangkitnya virus corona tersebut agar seluruh masyarakat perairan mengurangi aktifitas diluar rumah, menghindari untuk berkumpul di tempat tempat keramaian, menjaga jarak dalam bersosialisasi dengan orang lain, menghindari kontak fisik, menjaga kebersihan lingkungan kerja dan tempat tinggal, menjaga kesehatan dengan berolah raga dan berjemur, merepakan pola hidup bersih, menggunakan masker apabila keluar rumah dan atau sedang mengalami kondisi pilek/flu, segera memeriksakan diri ke rumah sakit apabila mengalami batuk, sesak nafas dan demam tinggi," jelas Kombes Tatar Nugroho

Himbauan Kamtibmas dan patuh protokol kesehatan yang diberikan oleh anggota Dit Polairud Polda Kaltim kepada masyarakat, direspon sangat positif, dan dan warga memberikan ucapan terimakasih atas himbauan dan pesan pesan yang diberikan. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.
"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.