Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Personil Brimob Polda Kaltim Donorkan Darah Bantu Warga Yang Akan Operasi


BALIKPAPAN – Sejumlah 2 (dua) personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim mendonorkan darahnya di PMI Daerah Balikpapan, Senin (15/2) pagi. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan untuk membantu warga yang akan melaksanakan operasi medis.

Sebelumnya, Mako Satbrimob Polda Kaltim didatangi oleh keluarga dari Bapak Muhammad Yamin. Kedatangan mereka adalah untuk meminta bantuan donor darah sejumlah 2 kantung untuk membantu Bapak Muhammad Yamin, salah satu anggota keluarga yang akan melaksanakan operasi medis di Rumah Sakit Beriman Balikpapan.

Piket Makosat Brimob Polda Kaltim yang bertugas kemudian menerima warga tersebut dan mengarahkannya ke Poliklinik Satbrimob Polda Kaltim untuk dilayani oleh petugas Sikesjas. Di Poliklinik, pihak kesehatan Brimob kemudian menyiapkan 2 (dua) personel sebagai pendonor. Kemudian bersama keluarga segera menuju PMI untuk mendonorkan darah.

“Pihak kami berangkat bersama keluarga dari Bapak Muhammad Yamin ke PMI di kota Balikpapan untuk mendonorkan darah. Semoga bantuan ini dapat memberikan keselamatan dan kelancaran bagi operasi medis keluarga yang bersangkutan.” Ujar Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK.

“Satbrimob Polda Kaltim sering kali didatangi oleh warga yang membutuhkan bantuan donor darah. Kami pun tidak pernah menutup pintu. Jika tersedia personel yang siap kami selalu siap membantu masyarakat sebagai bhakti Brimob Polda Kaltim untuk masyarakat,” Kata John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Bapak Muhammad Yamin sendiri adalah warga Kota Balikpapan. Kepada personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim ia menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas kesigapan personel Brimob dalam memberikan bantuan donor darah untuk warga yang membutuhkan.

Sebagai Korps dengan motto pengabdian Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Korps Brimob Polri senantiasa siap memberikan bantuan kemanusiaan.

Dansat Brimob Polda Kaltim juga memerintahkan jajarannya untuk tidak ragu dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Keberadaan Mako-Mako Brimob Kaltim diberbagai wilayah di Kalimantan Timur harus memberikan dampak positif baik pada aspek keamanan dan ketertiban, hingga aspek sosial bermasyarakat sehingga mampu mendukung pembangunan nasional kearah yang diinginkan dan diwariskan oleh pendiri bangsa.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.