Penyemprotan Disinfektan Dilakukan Serentak Di Kota Balikpapan


Balikpapan - Isran Noor selaku Gubernur Kalimantan timur memastikan memperlakukan pembatasan masyarakat atau yg d sebut Kaltim steril Tanggal 6 Dan 7 hari ini, ini salah satu bentuk usaha pemutus mata rantai covid 19 di Balikpapan, yang mana saat ini Balikpapan dalam darurat Covid 19

Satuan Brimob Detasemen Gegana Subden KBR (Kimia, Biologi, Dan Radioaktif) Hari ini melaksanakan penyemprotan serantak di kota Balikpapan, yang di pimpin langsung oleh Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang S.I.K, adapun sasaranya adalah, tempat-tempat umum dan tempat di mana terjadi keramaian. Sabtu (06/02/2021)

Seperti, seluruh pasar tradisional Balikpapan, Terminal-terminal Balikpapan, Pelabuhan Balikpapan bahkan bandara Internasional Spinggan Balikpapan, penyemprotan Disinfektan Gabungan ini Berlangsung Sabtu dan Minggu (2 hari).

Penyemprotan disinfektan gabungan ini juga melibatkan, Batalyon A pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim, Polres Kaltim, Bpbd, Palang Merah Indnesia, Lanud Balikpapan , Yon 600 Balikpapan, Yonzipur serta Koramil Balikpapan

Semua instansi mendapatkan peran serta tugas penyemprotan di tempat yang berbeda guna mengefesiensikan dan mempergunakan waktu dengan baik.

"Balikpapan saat ini di lakukan penutup secara keseluruhan, waktu ini d manfaatkan untuk penyemprotan secara serentak bersama instansi terkait lainnya, di harapkan dengan lock down atau Kaltim Steril ini dapat mengurangi angka paparan Covid 19 jauh dari angka Sekarang ini, di harapkan masyarakat juga ikut serta dalam membantu mengurangi atau memutus mata rantai covid 19 ini". Ujar Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang S.I.K.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian. 

"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.