"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Brimob Polda Kaltim Ajak Warga Balikpapan Disiplin Mengunakan Masker


Balikpapan – Seperti kita ketahui bersama bahwa penularan virus corona atau Covid 19 dapat melalui droplet atau percikan yang dikeluarkan pada saat kita batuk atau bicara dengan kata lain penularan virus corona terjadi ketika percikan terhirup orang lain yang ada di sekitar, oleh sebab itu kita selalu disarankan untuk selalu menggunakan masker yang baik dan benar.

Masker dibuat untuk melindungi diri dari droplet yang di keluarkan oleh orang lain agar tidak masuk ke hidung dan mulut kita ataupun sebaliknya, agar droplet kita tidak mengenai orang lain karena kita tidak tahu kita atau lawan bicara kita yang sedang menjadi pembawa virus

Guna untuk mensosialisasikan penggunaan masker yang baik dan benar kepada warga pada siang ini tim patroli Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim melaksanakan sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan bertempat di warung kopi desa pasar Balikpapan Permai. Selasa (09/03).

Dalam kesempatan itu, tim patroli Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim memberikan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas sekaligus mengajak warga yang sedang berada di warung kopi untuk bersama sama mematuhi protokol kesehatan sesuai himbauan dari pemerintah dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang hingga kini penyebarannya masih sangat tinggi.

“Guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang hingga kini masih sangat tinggi hendaknya seluruh warga untuk terus mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan yang terdiri dari 5M yaitu menjaga jarak fisik antar warga, mencuci tangan dengan mengunakan sabun antiseptik dan air yang mengalir atau bisa juga mengunakan handsanitazer, memakai masker yang baik dan benar, menghindari kerumunan atau tidak berkerumun dan mengurangi mobilisasi,” ucap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang dalam kesempatannya menambahkan bahwa selain kita menerapkan protokoler kesehatan yang terdiri dari 5M tersebut kita juga harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, harus rutin berolahraga serta istirahat yang cukup

“Dalam penggunaan masker yang baik itu harus menutup hidung dan mulut serta masker juga harus dalam kondisi bersih terhindar dari kuman dan sebaiknya setelah dipakai selama 4 jam masker agar dicuci yang bersih atau dibuang ganti yang baru,” tambah John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Masih dikesempatan yang sama, Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang saat dikonfirmasi melalui sambungan telephone menyampaikan bahwa kegiatan sambang warga sekaligus memberikan himbauan protokol kesehatan oleh anggota Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim tersebut untuk memastikan warga mentaati protokoler kesehatan guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami sangat berharap masyarakat benar-benar sadar akan pentingnya protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga kita bisa segera bisa keluar dari pandemi ini dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 pada hakekatnya adalah tugas kita bersama,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.
Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved