Heboh Uang Kuno Rp1.000 Bergambar Soekarno Diburu Kolektor, Ditawar hingga Rp5 Miliar


BeruangmaduNews.com, JAKARTA - Belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan uang kertas Rp1.000 bergambar Presiden RI pertama yakni Ir. Soekarno. Video tersebut viral di media sosial TikTok yang diunggah oleh akun @rinagustiana_

Akibat video viralnya itu, sang pemilik akun mendapatkan banyak pesan dari beberapa orang yang tertarik dengan uang kuno tersebut. Bahkan wanita yang memiliki nama asli Neng Rina Gustiana mengaku sempat menerima tawaran dari orang untuk membeli uang tersebut dengan harga yang fantastis.

"Sejak video saya fyp dengan 3,8 juta viewers, di situlah mulai banyak DM masuk. Meminta nomor handphone saya untuk membeli uang tersebut. Mereka juga menanyakan keberadaan saya. Lalu saya berikan nomor saya ke beberapa orang yang berniat membeli uang saya itu. Mereka menawar dengan harga fantastis. Mulai dari Rp100 juta dan seterusnya. Bervariasi sih," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Menurut wanita yang berprofesi sebagai Bidan itu, bahkan dirinya pernah menerima tawaran mencapai Rp5 miliar. Meskipun dirinya juga masih belum mengetahui apakah orang tersebut benar-benar berniat untuk membeli atau hanya sekedar melakukan penawaran.

"Benar yang nawar sampai Rp5 miliar. Cuma saya enggak tahu kebenarannya, apa benar-benar ingin membeli atau hanya sekadar menawar," katanya

Secara pribadi, wanita yang tinggal di daerah Banjaran, Kabupaten Bandung itu juga tidak terlalu mengetahui detail tentang uang kuno Rp1.000 tersebut. Mengingat, dirinya bukanlah kolektor, melainkan hanya pemilik dari uang Rp1.000 yang bisa melengkung dengan sendirinya.

"Saya pun enggak tahu tentang kebenaran uang yang saya punya. Apakah benar-benar asli atau palsu. Karena saya beneran enggak ngerti sama uangnya. Yang saya tahu, saya punya uang yang bisa melengkung sendiri, sampai-sampai orang berbondong-bondong ingin membeli uang tersebut. Namun sampai sekarang uang itu masih ada sama saya," jelasnya.

Rina sendiri menceritakan awal mula dirinya bisa memiliki uang kuno tersebut. Menurut Rina, uang tersebut didapat dari sang suami yang sudah disimpan sejak lama.

"Sebetulnya beberapa uang kuno itu punya suami saya, dia dikasih oleh almarhum ayahnya. Yang kemudian diberikan kepada saya untuk disimpan. Saya dan suami sudah menyimpan uang tersebut bertahun-bertahun," jelasnya.

Awalnya, Rina mengaku tidak mengetahui jika uang Rp1.000 itu bisa melengkung sendiri. Kemudian karena penasaran, dirinya pun mencoba untuk membuktikan sendiri kebenaran dari informasi yang didapat dari Google tersebut.

"Suatu ketika saya buka lagi uang-uang tersebut, saya searching google. Ternyata salah satu dari uang kuno tersebut ada uang Rp1.000 pak Soekarno. Yang konon berdasarkan google, bisa melengkung sendiri. Sehingga akhirnya saya coba dan ternyata benar. Lalu saya iseng buatkan video tentang uang yang bisa melengkung tersebut," jelasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, eredar video yang menampilkan uang kuno Rp1.000 bergambar Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Video ini tengah viral di media sosial TikTok.

Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @rinagustiana_ ini diberi judul ‘Kok Bisa Melengkung Sendiri Uangnya’. Video tersebut diberi thumbnail ‘Aneh, uang Rp1000 yang gambarnya Soekarno bisa melengkung sendiri dong’.

Mengutip dari akun TikTok @rinagustiana_ , pada senin (1/3/2021), sang pemilik akun membuka video tersebut dengan memberikan informasi tentang barang yang dimilikinya. Barang tersebut sudah disimpan sejak lama.

“Halo semuanya, jadi aku punya sesuatu, ini adalah sesuatu yang sudah aku simpan lama banget sampai bingung mau diapain karena mikirnya buat apa juga gitukan,” ucap sang pemilik akun sambil menjelaskan.

Kemudian Rina menjelaskan jika yang dimilikinya adalah uang kertas Rp1.000 yang memiliki gambar Soekarno di bagian depannya. Sedangkan di bagian belakang terdapat gambar seorang penari.

“Ini tuh uang Rp1000 soekarno depannya, dan ini belakangnya kaya penari-penari gitu. Konon uang yang lurus ini kalau kita taro di atas telapak tangan itu bakal melengkung sendiri,” kata pemilik akun.

Lalu, pemilik akun menjelaskan jika dirinya mendapatkan informasi jika uang Rp1.000 tersebut bisa melengkung dengan sendirinya ketika diletakan di atas tangan. Oleh karena itu, sang pemilik akun mencoba untuk membuktikan sendiri kebenaran informasi tersebut.

“Jadi kita buktiin aja nih aku taruh di atas telapak tangan aku enggak megang apa apa kosong ya dan sekarang kita taruh kita lihat sampai dia melengkung sendiri. Kita buktiin ya ini enggak aku apa-apain. Dan sisi yang kiri ini sudah mulai mengangkat dan enggak tau kenapa tanganku terasa panas,” jelas pemilik akun