"BERUANGMADU NEWS" Memberikan Informasi Terkini Terdepan dan Terpercaya

Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Vaksinasi Corona Terbanyak di Dunia

Jakarta - Program vaksinasi Corona di Indonesia sudah berjalan hampir 3 bulan sejak dimulai perdana pada 13 Januari 2021. Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan Indonesia masuk ke dalam 10 negara dengan pemberian vaksin Corona terbanyak di dunia.

"Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang cukup terdepan dari sisi program vaksinasi, di mana sampai posisi kemarin, 27 Maret, ada sekitar 10,4 juta dosis vaksin sudah diberikan ke masyarakat," katanya dalam rapat kerja bersama komisi VI DPR RI, Senin (29/3/2021).

"Dan kita juga masuk 10 besarlah kalau dibandingkan dengan negara-negara di dunia lainnya," sambungnya.

Honesti memaparkan ada beberapa alasan yang membuat Indonesia mampu melakukan vaksinasi sebanyak itu. Pertama dari sisi kesiapan suplai yang sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Indonesia juga melakukan uji klinis sendiri sehingga mempermudah BPOM untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat.

Meski demikian, ia mengatakan vaksinasi Corona di Indonesia harus tetap dipercepat karena berpacu dengan perkembangan mutasi. Diharapkan Indonesia bisa membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona dalam jangka waktu 15 bulan.

"Kalau dilihat, posisi kita lebih bagus dari beberapa negara di Eropa, tentunya ini harus kita pertahankan terus dan meningkatkan kecepatan dari vaksinasi sendiri," ucapnya.

Data cakupan pemberian dosis vaksin CoronaData cakupan pemberian dosis vaksin Corona Foto: Tangkapan layar: Our World in Data

Dari paparan yang disampaikan dalam rapat kerja tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-9 negara yang sudah memberikan dosis vaksin terbanyak di dunia. Peringkat pertama ditempati oleh Amerika Serikat dengan 104,1 juta dosis, disusul China dengan 102,42 juta dosis.

Per hari ini, total ada 10,7 juta dosis vaksin yang sudah diberikan ke masyarakat. Sekitar 7.435.851 orang yang sudah menerima dosis pertama dan 3.330.639 penerima dosis kedua.

Share this article :
 
Copyright © 2021. Beruangmadu News - All Rights Reserved