Patroli Brimob Kaltim Sambang Ke Rumah Ketua Rt Sampaikan Pesan Kamtibmas

Balikpapan – Tugas Pokok Kepolisian yaitu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada warga masyarakat.

Mewujudkan tugas pokok tersebut, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim melaksanakan giat sambang dan dialogis dengan warga Balikpapan.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin dan biasa dilakukan oleh jajaran Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim dan program tersebut di beri nama Door to Door System (DDS).

Dalam DDS ini merupakan salah satu sarana Polri untuk melaksanakan silahturahmi dan tatap muka dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda maupun Warga Masyarakat.

Kali ini, tim patroli Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim melaksanakan sambang di rumah Ketua RT 33 Kelurahan Sungainangka Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan dalam rangka mewujudkan dan mendeteksi kamtibmas melalui kemitraan antara Polri dan masyarakat. Minggu (21/03/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, patroli Brimob Polda Kaltim mengajak ketua RT 33 Sungainangka untuk selalu pro aktif melalui kemitraan antara Polri dan masyarakat dapat mengenali, mendeteksi, mengidentifikasi dan memprioritaskan secara bersama sama melakukan pemecahan permasalahan kamtibmas dilingkungan RT.

“Pada masa pandemi Covid -19 ini pihak kami meminta Ketua RT dan pihak kami juga mengajak warga bersama sama mengikuti Adaptasi kebiasaan untuk peduli mengatasi penanganan pencegahan penyebaran covid- 19 dilingkungan masing-masing,” pesan Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK

.

Lanjut Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang mengajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu dengan selalu Memakai masker, Menjaga jarak aman, Mencuci tangan dengan sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas di Luar Rumah.

“Saya berterima kasih kepada ketua RT 33 Kelurahan Sungainangka atas dedikasinya telah menjalankan kemitraan antara Polri dan masyarakat untuk mewujudkan dan memelihara kamtibmas dilingkungan sekitar,” pungkas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.