Rumah Roboh dan Hujan Deras, Tim Siaga Respon Bencana Brimob Kaltim Pasang Police Line dan Evakuasi Masyarakat


Balikpapan - Sebuah Rumah kosong roboh di Jalan KH. Agus Salim (Jalan Melati) RT 25, Selasa (23/03/2021). Tim Respon Siaga Bencana yang dipimpin Bripka Andreanus melaksanakan patroli dari laporan masyarakat tentang adanya sebuah rumah yang roboh tersebut.

Kondisi hujan deras yang masih mengguyur Kota Balikpapan ini, membutuhkan respon cepat adanya bencana alam yang bisa saja terjadi akibat bangunan yang hampir ambruk tersebut.

Bripka Andreanus beserta tim yang tiba di lokasi TKP langsung memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar untuk mengevakuasi diri agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Personil Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim tersebut juga memasang police line agar masyarakat tidak mask area berbahaya tersebut di karenakan kondisi bangunan yang masih belum sepenuhnya roboh dan bisa membahayakan masyarakat sekitar.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayan prima dengan adanya patroli siaga bencana tersebut.

"untuk penanganan selanjutnya akan di laksanakan ketika hujan sudah mulai reda karena bisa saja terjadi longsor lagi, untuk dari itu kita pasang police line dan evakuasi masyarakat sekitar terlebih dahulu." tambah Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K.


Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.