Brimob Kaltim Amankan Kunker Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Tinjau Titik Nol Pembangunan IKN di Sepaku


SAMARINDA –  Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Handri Wira Suriyana, SIK berkesempatan langsung mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat meninjau lokasi titik pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) yang berada di  Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jumat (23/4/21)

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa beserta rombongan tiba Di Bandara APT Pranoto Samarinda pukul 14.30 Wita untuk selanjutnya bergeser menuju lokasi IKN yang berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.

Setibanya di lokasi IKN Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa meninjau beberapa tempat untuk memastikan bahwa lokasi IKN yang baru tersebut benar-benar telah siap untuk dilakukan pembangunan kedepannya.
 
”Kedatangan kami disini dalam rangka menterjemahkan perintah Presiden RI dalam rangka memindahkan IKN di wilayah Kaltim. Keberadaan IKN ini diharapkan dapat meningkatkan pemerataan ekonomi didaerah penyangga IKN,” ujarnya.

Lanjutnya,“Pembangunan ini juga akan memperhatikan lingkungan hidup, bahkan kita menghutankan kembali hutan yang sudah rusak. Semua hitungan dalam proses perencanaan dan rancangan ibu kota negara sudah kita diperhitungkan. Prosesnya sudah mengikuti kaidah yang bisa diterima dan paling penting tidak melanggar undang-undang, ” Tutup Suharso.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang SIK melalui Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Handri Wira Suriyana SIK menyampaikan, Bahwa Brimob Kaltim selalu mendukung setiap program yang dicanangkan pemerintah, termasuk dalam pembangunan IKN di wilayah Kaltim, oleh sebab itu Brimob Kaltim selalu siap dalam mengamankan setiap kegiatan maupun kunjungan Kerja Pejabat Negara di wilayah Kaltim.

“Kami mempersiapkan pengawalan dan pengamanan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang tepat dan akurat guna terciptanya rasa aman agar segala program pemerintah kita dapat berjalan dengan lancar dan baik”. Ujar Danyon.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian. 

"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.