Covid-19 Masih Mengintai, Brimob Imbau Warga Selalu Gunakan Masker

Balikpapan – Tim patroli Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim kembali mengingatkan beberapa warga yang sedang nongkrong di lokasi Kota Balikpapan untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah, itu pada malam tadi Minggu ( 18/4 ).

Covid-19 masih merupakan bahaya yang mengintai warga, penggunaan masker sebagai salah satu upaya menekan penyebaranya.

“Kita sampaikan kepada warga Kota Balikpapan dalam pencegahan Covid-19 salah satunya dengan menggunakan masker,” ucap petugas patroli Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim

“Prioritas penggunaan masker sangat penting bagi warga dalam menyaring maupun mencegah bakteri maupun adanya virus Corona masuk dalam pernafasan manusia.” Hal itu dikatakan Wadanyon A Pelopor AKP Edy Musdwiyono, S. Sos. kepada Humas Brimob Kaltim

AKP Edy Musdwiyono mengatakan, “virus Corona dapat menular melalui percikan dahak atau air liur saat penderita COVID-19 batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan virus ke orang lain, orang yang sedang sakit batuk, pilek, atau bersin-bersin disarankan untuk mengenakan masker, apalagi jika memang berisiko tinggi menderita COVID-19.”

“Sebenarnya, masker lebih dianjurkan untuk dikenakan oleh orang yang sakit dan orang yang merawatnya. Namun, seiring meningkatnya jumlah orang yang positif terinfeksi virus Corona, banyak orang sehat juga mengenakan masker agar tidak terpapar virus ini.” Hal itu dikatakan AKP Edy Musdwiyono.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.