Buah bagi Penderita Diabetes yang Harus Dihindari & Dikonsumsi

Beruangmadunews.com – Ada daftar buah bagi penderita diabetes yang harus dihindari dan dikonsumsi. Apa saja daftarnya?

Meski buah-buahan merupakan makanan yang sehat, namun ada sejumlah buah yang lebih baik tidak dikonsumsi penderita diabetes karena kadar gulanya tinggi.

Berikut ini 4 buah yang harus dihindari penderita diabetes:

1. Mangga

Setiap 100 gram mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram, yang berpotensi memperburuk keseimbangan gula darah. Sering mengonsumsi mangga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan.

2. Aprikot

Buah yang mirip dengan persik ini tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, terutama dalam bentuk keringan. Satu cangkir buah aprikot mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

3. Nanas

Meskipun relatif aman untuk memakan nanas ketika menderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan  kadar gula darah. Senantiasa kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah setelah mengonsumsi nanas.

4. Prune kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dalam 1/4 cangkir buah prune kering, terdapat indeks glikemik (GI) yang mencapai 130 dan 24 gram karbohidrat.

Berikut ini Buah bagi Penderita Diabetes yang bagus untuk dikonsumsi:

Mengutip Alodokter, inilah daftar buah yang baik dikonsumsi diabetesi:

1. Anggur

Semua jenis anggur mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur juga mengandung serat dan rendah kalori. Anggur adalah salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

2. Apel

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi. Selain itu, buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya buah apel dapat mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis.

kandungan serat pada buah apel dapat membuat perut kenyang lebih lama, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolesterol. Saat mengonsumsi apel, sebaiknya makan bersama kulitnya karena bagian tersebut mengandung banyak gizi dan antioksidan.