Minimalisir Kriminalitas di Bulan Ramadhan, Brimob Kaltim Sambangi Warga di Malam Hari


Samarinda – Tim Patroli Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim, senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, dengan melaksanakan patroli di malam hari untuk menjamin keamanan wilayah Kota Samarinda dari segala bentuk tindak kejahatan, kriminalitas, dan lain sebagainya pada saat jam-jam rawan.

Danyon B Pelopor AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K. menuturkan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas, guna menekan angka kejahatan khususnya tindak pidana pencurian yang sering terjadi pada malam hari di rumah-rumah masyarakat.

Dengan adanya kehadiran Patroli Brimob Kaltim tentunya masyarakat menjadi lebih tenang sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak kejahatan tersebut, dan menjadikan para pelaku kejahatan mengurungkan niatnya sehingga tidak sampai terjadi tindak kriminalitas yang merugikan.

Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim dalam rangka Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) khususnya di wilayah Kota Samarinda dan sekitarnya.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program "ETAM Ba-Masker".

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian. 

"Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker," pungkasnya.