Tol Balsam Segera Rampung 100 Persen, Diresmikan Jokowi 17 Agustus Mendatang


BALIKPAPAN - Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) bakal tuntas 100 persen pada tahun ini. Pekerjaan fisik Seksi I di Km 13-Samboja sepanjang 22,03 Km dan Seksi V Km 13-Manggar 11,09 Km mendekati rampung keseluruhan.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Junaidi mengatakan sertifikat uji laik fungsi Tol Balsam dalam proses pendataan.

"Untuk Seksi I dan V, keduanya Juni keluar," kata Junaidi, Rabu (9/6/2021).

Penerbitan sertifikat tersebut ditarget sebelum Tol Balsam dioperasikan secara menyeluruh. Kembali dilakukan uji coba hingga diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersamaan dengan groundbreaking Ibu Kota Negara (IKN) pada 17 Agustus mendatang.

"Jadi ada groundbreaking IKN dan peresmian Tol Seksi I dan V," sebutnya. Ruas jalan pada Seksi V Tol Balsam bahkan telah rampung 100 persen. Hanya tinggal merapikan saja. Sedangkan Seksi I diperkirakan selesai pertengahan Juli nanti.

"Ada dua titik yang masih dikerjakan," ungkapnya.

Beroperasinya seluruh jalur diharapkan membuat Tol Balsam menjadi ramai kembali. Tidak seperti sebelumnya. Sepi karena pengendara lebih memilih lewat jalan nasional Soekarno-Hatta untuk ke Samarinda atau pun sebaliknya.