Respons Bencana Wujud Bhakti Brimob Polda Kaltim Untuk Masyarakat


BALIKPAPAN – Satbrimob Polda Kaltim memiliki program yaitu Respons Bencana. Kegiatan ini adalah salah satu program unggulan Satuan Brimob Polda Kaltim dimana anggota Brimob yang memiliki kemampuan SAR (Search and Rescue) siaga 1x24 jam di Posko Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim.

Program ini merupakan implementasi bakti brimob untuk masyarakat yang di bentuk oleh Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK pada 10 Maret 2021 dan bersinergi dengan BPBD, Basarnas serta relawan bencana Kota Balikpapan dan Kaltim seperti BANDA, Rescue Garuda, Relawan Garuda dan masih banyak lagi  untuk membantu masyarakat Kota Balikpapan maupun Kaltim yang terdampak Bencana seperti Banjir, Tanah Longsor, Kebakaran dan lainnya.

Kegiatan siaga SAR yang dilakukan oleh Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim ini dilaksanakan dengan tujuan mengantisipasi cuaca buruk, mengingat cuaca saat ini tidak menentu setiap harinya di wilayah Kota Balikpapan kususnya dan Kaltim pada umumnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim ini juga untuk membackup Satuan Wilayah bila membutuhkan kehadiran Brimob dalam menangani bencana alam, serta menerima laporan dari masyarakat yang membutuhkan kekuatan dari anggota Brimob dalam hal bencana alam.

“Dengan Adanya Respons Bencana Brimob Polda Kaltim diharapkan semua elemen masyarakat Kota Balikpapan maupun masyarakat Kaltim lainnya yang terdampak bencana maupun membutuhkan bantuan, Respons cepat anggota Brimob Polda Kaltim yang tergabung di Tim Respons Bencana Siap 1x24 jam membantu”, ucap Wadanyon A Pelopor AKP Edy Musdwiyono, S. Sos selaku penanggung jawab tim Respons Bencana Brimob Polda Kaltim.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK mengatakan bahwa, “Kita siap segala peralatan yang ada, meski dengan segala keterbatasan kita akan siap, cepat, dan tanggap. Ini penting dilakukan utamanya personel agar sewaktu – waktu terjadi peristiwa tim Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak”, terangnya.

John Huntal Sarjananto Sitanggang juga menambahkan, “Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Polri serta bentuk Bakti Brimob Polda Kaltim terhadap masyarakat guna menciptakan situasi yang aman dan nyaman”.