Unit Penjinak Bom Den Gegana Brimob Polda Kaltim Evakuasi Mortir Aktif Temuan Warga Di Balikpapan


Balikpapan -  Unit Penjinak Bom (Jibom) Gegana Sat Brimob Polda Kaltim mengamankan dan evakuasi sebuah benda mencurigakan diduga amunisi bom jenis Mortir yang ditemukan warga di sekitaran area pemukiman warga, Selasa, (21/09/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah pihak kepolisian sektor setempat menerima laporan dari warga, kemudian pihak kepolisian sektor meminta bantuan dengan menghubungi Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim.

Menindaklanjuti hal tersebut, kemudian diperintahkan satu unit Jibom dengan  dipimpin Perwira Unit Subden Penjinak Bom Iptu Sigit Purnomo untuk menuju lokasi penemuan.

Tiba di tempat penemuan bom tersebut, Unit Jibom langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan mortir yang masih dalam kondisi aktif.

Iptu Sigit Purnomo Selaku Perwira Subden Jibom Den Gegana Sat Brimobda Kaltim menjelaskan, mortir yang ditemukan warga itu dugaannya merupakan bekas sisa-sisa perang dunia II yang telah lama tertimbun tanah, sehingga harus segera dilakukan penanganan untuk keselamatan warga di sekitar lokasi penemuan.

“Amunisi bom jenis Mortir itu masih aktif. Agar tidak membahayakan, mortir tersebut segera dihancurkan dengan proses pendisposalan, karena disimpan pun berbahaya, karena sudah rusak dan berkarat,” jelas Perwira Unit Sub Datasemen 2 Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Iptu Sigit P.

"Terimakasih kepada warga yang sudah tanggap dan cepat untuk melaporkan temuan benda yang di duga Mortir sisa perang dunia II, karna benda ini bukan benda biasa dan sangat berbahaya untuk lokasi sekitar, jadi harus d tangani oleh orang yang profesional di bidangnya". Ungkap Dansat Brimob Polda Kaltim Kombespol John Huntal Sarjananto Sitanggang S.I.K